Santri HST Akan Diberikan Beasiswa ke Luar Negeri

Banua.Info – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Abdul Latif akan memberikan beasiswa kepada para santri-santri berprestasi di pondok-podok pesantren HST yang ingin belajar ke luar negeri, yaitu negara Timur Tengah untuk memperdalam ilmu agama serta menambah wawasan.

Tujuannya, untuk regenerasi ulama muda di HST. Kebijakan memberikan beasiswa tersebut diumumkan saat pertemuan silaturahmi dengan para ulama se-HST, di Ponpes Almuhajirin Pamangkih, beberapa waktu yang lalu.

Bupati menjelaskan, siswa yang diberikan beasiswa harus mendapatkan rekomendasi dari tokoh ulama maupun pemimpin pondok pesantren dalam hal ini untuk menyeleksi dipercayakan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HST.

“Seleksi ini kami lakukan agar santri yang dikirim nanti benar-benar yang mau dan serius menuntut ilmu serta sudah mempunyai pengalaman dan ilmu yang cukup, agar ketika di negeri seberang lebih mudah menyesuaikan,”katanya.

Syarat lainnya, jika sudah selesai belajar, harus kembali ke daerah dan berdakwah di HST. “Sebab tujuan Pemkab HST memberikan beasiswa tersebut, untuk penyebaran ulama putra daerah,” katanya. dilain pihak, Kabag kesra Setda HST, Akhmadi, mengatakan, ditahun 2017 ini, untuk pemberian beasiswa sudah dianggarkan, dan kita tinggal melakukan menyusunan Perbup dan hal teknis lainnya. (humas)

Sc: Fandy R’Soel

Leave a Reply