Ini Dia 5 Cara Paling Cepat untuk Mengobati Sariawan

Sariawan masih saja menjadi momok oleh sebagian besar orang. Walaupun tergolong dalam penyakit kecil, namun sariawan bisa sangat menyiksa si penderitanya lo. Demi terbebas dari sariawan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu penyebabnya.

Sariawan disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti kekurangan nutrisi, penggunaan produk yang tidak cocok dan lain sebagainya. Selanjutnya, Anda harus menghindari penyebab tersebut. Agar penyembuhan lebih maksimal, Anda bisa menerapkan salah satu dari 5 cara mudah mengobati sariawan ini.

  1. Konsumsi Vitamin

Hal pertama yang paling mudah dan patut Anda coba adalah meminum multivitamin. Pilihlah vitamin yang mengandung vitamin B, C, zat besi dan asam folat. Kandungan tersebut yang akan berperan penting dalam penyembuhan sariawan.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah

Selain multivitamin, Anda juga sudah seharusnya coba mengonsumsi makanan yang merupakan sumber vitamin langsung. Contohnya, Anda bisa memilih buah tomat, jeruk, dan lain sebagainya.

  1. Minum Yogurt

Minuman yang satu ini memang powerful dan multi fungsi. Pasalnya, yogurt juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengobati sariawan. Yogurt berfungsi sebagai penjaga keseimbangan bakteri di mulut.

  1. Minum Air Kelapa

Wah, sudah enak, menyehatkan lagi. Air kelapa yang bersifat dingin ini mampu menenangkan sistem pencernaan seseorang dan ampuh dalam mengatasi dehidrasi serta mengobati sariawan.

  1. Oleskan Pisang dan Madu

Selain dengan cara dimakan atau diminum, Anda juga bisa mengoleskan bahan alami seperti pisang dan madu ke area yang terkena sariawan. Caranya pun mudah. Anda hanya perlu menghaluskan buah pisang dengan sendok dan mencampurkannya dengan madu sebelum dioleskan ke luka sariawan.

  1. Kunyah Daun Jambu Biji

Selain mengoleskan, Anda juga bisa lo mengobati sariawan denan cara mengunyah bahan alami seperti daun jambu biji. Kunyah daun tersebut lalu berkumurlah segera.

Nah, itulah beberapa cara paling mudah yang patut Anda coba untuk mengobati sariwan. Jika luka sariawan Anda masih saja tidak hilang, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply