Kalsel Patut Berbangga, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Tanbu

Foto : Kemenag

Upacara kemerdekaan kali ini sedikit memberikan perhatian masyrakat, karena para pejabat bahkan Presiden pun menggunakan pakaian adat dalam upacara kemerdekaan NKRI yang ke-72. Upacara yang penuh dengan rasa kemerdekaan bagi kita semua, tentunya dengan harapan yang sangat besar, Indonesia bisa lebih baik lagi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dan Ibu Negara Iriana mengenakan pakaian adat Minang. Keduanya memasuki lokasi upacara usai digelarnya kirab bendera Sang Saka Merah Putih dan teks asli Proklamasi dari Monas ke Istana pada pukul 08.45 WIB.

Tidak hanya Jokowi yang mengenakan pakaian adat. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengenakan hiasan kepala dari salah satu suku di Papua, sedangkan istrinya mengenakan pakaian muslim berwarna cokelat dan dihiasi rumbai-rumbai adat Papua.

Istana kepresidenan meminta tamu undangan dan pejabat negara untuk mengenakan baju adat dari suku-suku di Indonesia sebagai ciri kekayaan bangsa dan nasionalisme yang telah dicantumkan pada surat undangan. Lain lagi dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Panglima mengenakan Pakaian Dinas Upacara didampingi oleh istri yang mengenakan pakaian adat Solo berwarna hitam.

Beberapa pejabat lain juga mengenakan pakaian tradisional yaitu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang memakai pakaian adat daerah Riau dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mengenakan pakaian adat khas DI Yogyakarta. Bahkan Presiden kita dulu yang kita kenal jenius, yakni Habibie mengenakan pakaian adat, dan cukup tampil beda dari biasanya.

Pakaian adat dikenakan agar para peserta upacara saling mengenal satu sama lain, tentunya bisa saja terkait dari sejerah serta makna motif dari pakaian adat tersebut.

Banyak pula pertanyaan para netizen khususnya Kalimantan Selatan, kenapa Bapak Presiden memilih pakaian adat tanah bumbu, yang pastinya kita harus berbangga sebagai warga banua.

One Response

  1. Khalil 18 Agustus 2017

Leave a Reply