Perhatikan Ini Sebelum Membeli Furnitur Kamar

Kunci dari sebuah tempat tidur yang nyaman adalah dari desain dan furniture yang berada di kamar tersebut. Karena itu, Anda perlu memiliki furnitur yang sesuai agar tidur Anda bisa lebih nyenyak dan nyaman. Namun, sebelum membeli furnitur dan berbagai macam perabotan baru di kamar, Anda perlu melakukan beberapa macam hal. Jangan sampai Anda menyesal karena saat membeli furnitur tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini.

  1. Jangan Salah Ukur

Pertama-tama, tentunya Anda harus mengetahui ukuran dari kamar tidur Anda. Ukur dengan detail dan jangan sampai salah perhitungan. Ukuran kamar tersebut yang akan menjadi acuan untuk membeli berbagai macam furnitur yang dibutuhkan. Sebelum membeli furnitur, Anda disarankan untuk menggambar denah kamar dengan skala perbandingan yang sesuai agar bisa memiliki gambaran mengenai kondisi kamar nantinya. Dengan membuat denah terlebih dahulu, Anda tidak perlu banyak mengubah posisi di kemudian hari karena sudah memiliki posisi yang sudah tetap. Jika tidak diukur dengan benar, kamar akan berakhir dengan tidak nyaman karena posisi dan ukuran yang tidak tepat.

  1. Desain Kamar

Tentukan desain kamar tidur Anda terlebih dahulu. Ada berbagai macam gaya desain yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kesukaan Anda. Mulai dari pop art, shabby chic, modern, minimalis dan gaya skandinavian. Anda bisa mencari berbagai macam ide dan referensi yang bisa ditemukan di berbagai sumber di internet. Anda bisa mengumpulkannya terlebih dahulu, kemudian memiliah-milah yang lebih cocok untuk Anda. Dengan menentukan desain kamar terlebih dahulu, maka hal tersebut akan membantu Anda untuk membeli furnitur yang sesuai dengan desain yang sudah ditentukan dari awal tersebut.

  1. Gaya Hidup

Kamar tidur juga perlu Anda sesuaikan dengan gaya hidup, hobi dan kebiasaan Anda sehari-hari. Jika Anda memang bekerja dengan aktivitas yang cukup berat, maka pilihlah tempat tidur yang empuk, nyaman dan dengan ukuran yang cenderung lebih besar agar waktu istirahat Anda bisa jadi maksimal. Jika Anda memiliki hobi membaca buku, Anda bisa membuat pojok membaca di kamar Anda. Cukup dengan kursi atau sofa yang berukuran kecil, sebuah rak yang berisi berbagai macam buku, kemudian tambahkan karpet dan bantal kecil agar saat Anda membaca juga membuat Anda jadi lebih rileks dan menyenangkan.

  1. Ruang Penyimpanan

Untuk ruang penyimpanan, sediakan cukup sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika terlalu banyak ruang yang disediakan, maka kamar akan terasa sempit. Sedangkan, jika terlalu sedikit, maka kamar akan jadi berantakan karena tidak ada tempat yang tersedia untuk meletakkan beberapa benda. Terutama untuk benda dengan jumlah yang banyak dan ukuran yang kecil, Anda harus menyediakan ruang penyimpanan yang pas dan tepat agar tidak hilang dengan mudah. Gunakan berbagai macam lemari plastik dengan ukuran kecil sebagai tempat penyimpanan tersebut.

  1. Material

Dari berbagai macam material yang tersedia dan sering digunakan sebagai material furnitur, Anda perlu memilih bahan manakah yang cocok untuk digunakan di kamar tidur Anda. Dimulai dari kayu, plastik, logam atau yang didominasi oleh kain. Dari hal tersebutlah Anda bisa memikirkan mengenai desain yang sesuai dan juga biaya yang diperlukan. Atau bisa sebaliknya, material bisa ditentukan berdasarkan desain yang sudah Anda pilihkan sedari awal. Tak hanya itu, Anda juga harus bisa mempertimbangkan mengenai daya tahan material tersebut berdasarkan bagaimana Anda menggunakannya.

Leave a Reply