Komunitas asal Amuntai, KASADIPA Ikut Berpartisipasi dalam Festival Teater Modern se-Kalimantan Selatan

Komunitas asal Amuntai, KASADIPA Ikut Berpartisipasi dalam Festival Teater Modern se-Kalimantan Selatan

Inilah dia KASADIPA (Komunitas Seni Amuntai di Perantauan), sedang berlatih untuk mengikuti Festival Teater Modern 2017 di halaman depan taman budaya Kalimantan Selatan.

“Festival Teater Modern yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Oktober nanti di Balairung Sari Taman Budaya Kalimantan Selatan, diikuti banyak dari sanggar-sanggar teater, baik pelajar maupun umum. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh KSB (Kampoeng Seni Boedaja) ULM”, ungkap Selvi, salah satu panitia sekaligus anggota KSB ULM.

Saat dilakukan wawancara dengan KASADIPA, ternyata usia Kasadipa ini sudah mau berenjak satu tahun, tepatnya 21 Februari nanti. Kasadipa merupakan komunitas yang mempunyai beberapa divisi, diantaranya musik, teater, seni rupa dan tari.

“Komunitas ini dibentuk atas dasar ingin mengumpulkan mahasiswa/i, pelajar ataupun perantau yang menyukai kesenian, guna saling berbagi ilmu dan pengalaman yang ada di bidang kesenian, serta diharapkan saat pulang ke kampung halaman, ilmu yang didapat bisa diterapkan nantinya”, ucap Faisal Refki, pendiri dari KASADIPA.

Faisal juga mengungkapkan, ” ini adalah kali ketiga KASADIPA mengikuti festival teater di Banjarmasin, setelah Japin Carita dan Si Palui. Mungkin ini akan terasa berat bagi kami, terlebih ini akan menjadi pertama kalinya kami bermain di teater modern, selain itu anggota Kasadipa yang bermain juga kebetulan baru belajar dalam teater ini, namun kami optimis akan memberikan yang terbaik untuk komunitas kamj. Saya juga salut atas partipasi teman-teman saya yang ingin berjuang bersama, belajar bersama dan berlatih bersama. Meskipun terkadang berat untuk masalah finansial, kami berupaya mengatasinya dengan menggunakan uang masing-masing. Bagi kami kemenangan adalah suatu hadiah, namun proses dari belajar adalah tujuan utama kami. Saat ini, anggota yang tergabung sudah melebihi 50orang, dan kami masih sangat terbuka bagi teman-teman mahasiswa/i asal HSU yang ingin belajar di bidang kesenian, bisa di cek di website kami www.kasadipa.com ataupun melalui instagram @officialkasadipa”.

Pada kesempatan kali ini, Kasadipa akan membawakan judul “Balada Kerbau Tua”, dimana inti sari dari naskah ini adalah menyangkut kelestarian kerbau rawa yang ada di kabupaten mereka, tepatnya di Hulu Sungai Utara.

“Perlunya kami mengangkat tema ini, merupakan sebagai wujud kepedulian kami terhadap kearifan lokal yang kami miliki, kami berharap ekosistem kerbau rawa akan terus berlangsung baik, tanpa adanya gangguan dari pihak-pihak tertentu”, ucap Ridha, salah satu TimPro Kasadipa.

Semoga Festival Teater Modern yang diadakan oleh KSB ULM, menjadi tempat dimana para penerus seniman bisa berlatih dan belajar agar terus menjadi yang terbaik untuk Banua.

Penulis : Mahyu N.

Editor : Mahyu N.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *