3 Cara Mudah Menghindari Terbentuknya Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan potongan mineral padat yang terbentuk dari sisa makanan yang dipisahkan ginjal dari urine. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, namun batu ginjal umumnya muncul pada pria dibandingkan wanita.

Kondisi ini menyebabkan rasa sakit luar biasa. Pada beberapa kasus, batu ginjal yang sudah ditangani bisa muncul kembali sehingga diperlukan tindakan pencegahan untuk menghindarinya. Direktur endourology di University of Maryland, Dr Julio Davalos menjelaskan, agar batu ginjal tak terbentuk ada cara sederhana yang bisa dilakukan.

Berikut ulasannya seperti dilansir dariĀ Fox News.

1. Kurangi konsumsi garam
Kurangi konsumsi makanan tinggi garam. Pasalnya, garam bisa menambah jumlah kalsium dalam urine dan jika dibiarkan, kalsium akan mengendap dan menjadi batu ginjal keras. Namun, jika seseorang pernah terkena batu ginjal, sebaiknya menjaga asupan garam di bawah 1.500 miligram sehari. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi makanan prosesan dan garam di masakan rumah.

2. Perhatikan kalsium
Dr Davalos mengatakan bukan berarti seseorang harus menghentikan masukan kalsiumnya. Mitos mengenai batu ginjal adalah mereka yang pernah mengalami batu harus hindari makanan seperti susu, keju, dan es krim. “Menghentikan produk susu dari diet Anda justru mengarah ke batu yang lebih banyak dan potensi negatif kesehatan lainnya,” papar Dr Davalos.

Demi kesehatan, usia dewasa disarankan untuk mengonsumsi 1.000 sampai 1.300 miligram kalsium per hari. Namun bagi pasien batu ginjal, dokter akan merendahkan asupan tersebut menjadi 800 miligram per hari.

3. Batasi protein
Banyak mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging sapi, ayam, dan telur bisa meningkatkan asam urat dalam urine. Asam urat yang tinggi pada urine diketahui menyebabkan batu terbentuk. Selain itu, makanan tinggi protein juga mengurangi kandungan sitrat tubuh yang berfungsi mencegah batu ginjal terbentuk.

Karena itu, untuk menghindari batu ginjal, sebaiknya batasi konsumsi daging menjadi 85 gram per porsi atau sebesar dek kartu remi. Pola makan seperti ini diklaim Dr Davalos tak hanya memberikan manfaat batu ginjal tapi juga jantung.

Leave a Reply