Rekomendasi Pantai Lombok Yang Wajib Dikunjung

Lombok merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang sejak dulu memang sudah terkenal karena pesona alamnya, terutama di daerah pesisir pantainya. Yap, pantai-pantai yang ada di Lombok memang kerap kali jadi incaran para wisatawan, kabar keindahannya sudah menyebar ke telinga para pecinta traveling. Berikut ini adalah rekomendasi Pantai Lombok yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Senggigi

Pantai pertama adalah Senggigi, ini merupakan destinasi awal banget yang sebaiknya kamu tuju saat sampai di Lombok. Lokasi pantainya dekat dengan Mataram,  tepat di pinggir Jalan Raya Senggigi.  Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pemandangan matahari tenggelamnya. Kamu bisa melihat gradasi warna langit semakin lama semakin gelap dengan sangat indah.

sumber gambar: hasanlombok.blogspot.co.id

Dari Senggigi kamu juga dapat melihat Gunung Agung Bali yang menjulang tinggi. Fasilitas di pantai ini juga sangat lengkap, wisatawan bisa lebih betah menghabiskan waktu liburan di Senggigi.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai lain yang juga sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi saat datang ke Lombok adalah Selong Belanak, lokasinya ada di Lombok Tengah.

 

sumber gambar: sharetempatwisata.com

Daerah pesisir di kawasan Lombok Tengah memang sangat terkenal dengan keindahan nya. Kamu bisa menikmati desiran air laut dan udara, pasir putihnya yang halus serta pemandangan langit berwarna biru toska akan membuatmu semakin dimanjakan saat berlibur kesini. Tidak jarang loh ada pasangan yang baru menikah menghabiskan waktu berbulan madunya di sini.

Kalau kamu datang bersama teman-teman, kamu bisa juga menikmati suasana pantai semalaman. Sambil mendirikan tenda dan membuat api unggun, rasanya akan sangat menyenangkan.

3. Pantai Mawun

Sudah pernah ke Pantai Mawun? Kalau belum yuk masukan pantai ini jadi list destinasi wisata kamu!

sumber gambar: apwtour.com

Pantai Lombok ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi karena keindanhan pemandangan air lautnya yang bisa memanjakan para pecinta laut. Bersantai di bibir pantai, sembari berjemur dan menikmati air kelapa yang di jual masyarakat setempat akan sangat menyegarkan. Kalau dibandingkan dengan Selong Belanak, pantai Mawun cenderung lebih curam dan tidak begitu luas. Pengunjungnya juga tidak sebanyak pantai Senggigi, jadi kamu bisa dengan tenang menikmati suasana pantainya.

4. Pantai Seger

Masih di kawasan Lombok Tengah, kamu bisa menemukan pantai indah lainnya yaitu Pantai Seger. Pantai ini cukup luas dan terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. Di salah satu bagian pantainya, kamu bisa menemukan monument Putri Mandalika. Ini adalah monument yang menceritakan legenda mengenai masyarakat asli Lombok.

Saat ini Pantai Seger masih dikembangkan oleh pengelola setempat untuk dijadikan kawasan wisata terpadu. Oiya, untuk masalah penginapan kamu juga tidak perlu khawatir, karena tepat di belakang pantai kamu bisa menemukan sebuah hotel yang langsung menghadap ke arah pantai.

5. Pantai Tangsi

Dari Lombok Tengah, sekarang kita menuju Lombok Timur. Ya, memang semua sudut Lombok dipenuhi dengan pesisir pantai yang sangat cantik, salah satunya Pantai Tangsi yang dinilai masih cukup langka karena belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Pantai yang disebut Pink Beach ini memiliki keunikan, yaitu pasir pantainya yang berwarna pink atau merah muda. Sebenarnya warna asli dari pasirnya adalah putih, namun karena serpihan karang merah muda yang menyebar di pinggir pantai membuat pasir berwarna pink.

sumber gambar: jejakpiknik.com

Kalau kamu melihat keseluruhan pantai dari atas bukit di kawasan tersebut, kamu bisa melihat keindahan dan keunikan pantai ini lebih jelas lagi. Sebelum banyak pengunjung, mending kamu segera rencakanan perjalan mu kesini agar suasananya masih sangat sepi dan nyaman.

6. Pantai Ela-Ela

Selanjutnya adalah Pantai Ela-Ela, lokasinya ada di kawasan Lombok Barat. Tidak kalah dengan pantai-pantai sebelumnya, pemandangan di Pantai Ela-Ela juga sangatlah indah, kebersihan pantai yang terjaga, birunya air laut, pasir putih yang lembut, desiran angin dan ombak laut menjadikan pantai ini sangat sempurna untuk dijadikan tempat berlibur. Suasana yang masih sepi juga membuat kamu bisa liburan dengan tenang.

7. Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan, pesona Lombok lain yang bisa kamu kunjungi. Yang unik dari pantai ini adalah butiran pasir yang lembur seperti merica, adanya juga jajaran bukit hijau yang sangat sejuk, dengan suasana pantai yang sepi karena belum banyak pengunjung yang datang akan membuat pikiranmu bisa fresh kembali.

Oiya, kamu jangan heran ya atau jangan tersinggung juga saat masyarakat Lombok berbicara menggunakan nada yang keras, karena itu merupakan intonasi suara orang pesisir yang normal. Tidak hanya di Lombok saja, rata-rata masyarakat pesisir yang ada di Indonesia lainnya juga pasti memiliki suara agak tinggi.

8. Gili Trawangan

Selain Senggigi, pantai yang sudah cukup terkenal hingga mancanegara adalah Gili Trawangan. Pesona pantainya juga tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Hamparan pasir putih lembutnya, dilengkapi dengan pemandangan alami serta gili meno dari jarak jauh membuat pesona pantainya semakin bertambah.

sumber gambar: travel.tribunnews.com

Kamu bisa menemukan banyak sekali spot foto menarik. Jadi, tidak hanya sekedar berlibur kamu bisa berfoto sepuasnya ala-ala anak kekinian. Kamu yang punya hobi snorkeling, bisa juga memuaskan hobi mu disini.

Itulah beberapa pantai Lombok yang sangat patut kamu kunjungi saat akan berlibur ke Lombok. Jika kamu seorang Backpacker, tidak ada salahnya jika berinteraksi dengan warga sekitar. Kamu mungkin bisa mendapatkan sewa homestay murah cuma gara-gara  berbincang dan so’ kenal so’ dekat dengan warga asli Lombok.

Leave a Reply