Mengulas 5 Pilihan Bahan Casing Hp Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Smartphone pada dasarnya adalah sebuah perangkat teknologi yang juga rentan sekali mengalami kerusakan, apalagi jika sudah terkena benturan ataupun juga terkena air, kedua musuh utama yang membuatnya sangat rentan rusak. Untuk mencegah kerusakan semacam ini umumnya banyak diantara masyarakat yang menyematkan casing hp, aksesoris yang satu ini memang memiliki beragam fungsi selain sebatas dipakai untuk menunjang tampilannya saja, melainkan juga melindungi bagian bodynya sehingga tidak mudah rusak.

Kebanyakan diantara masyarakat pastinya sudah tidak begitu awam dengan hal yang satu ini, bahkan terkadang sering kali mereka mengoleksinya, yaitu membeli lebih dari satu buah untuk dipakai berganti-ganti di setiap moment berbeda. Karena case atau tampilan dari ponsel ini juga akan sangat mempengaruhi looknya ketika dilihat oleh orang lain. Di pasaran tawaran harga perangkat yang satu ini juga terbilang beragam, mulai dari puluhan ribu rupiah, sampai ada yang nilainya jutaan, tentunya yang terbuat dari bahan-bahan khusus.

Khusus untuk pembeliannya sendiri bisa dengan mudah dilakukan lewat toko aksesoris ponsel ini, atau lewat pemesanan secara online. Adapun setidaknya berikut ini beberapa pilihan bahan yang paling umum dipakai dalam pembuatan casing hp beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yaitu:

  1. Plastik, kebanyakan diantara case hp memang memakai bahan yang satu ini, karena harganya murah, tampilannya juga sangat banyak, karena tidak memiliki fiture shockproof bahan yang satu ini kurang melindungi terhadap benturan, itulah mengapa lebih disarankan bagi yang teledor tidak menjadikannya sebagai pilihan. Karena bahan plastik ini bukan jenis konduktor atau bisa menghantarkan panas, maka akan untuk ponsel Anda karena tidak akan menyebabkannya mudah overheat.
  2. Silicon, kebanyakan diantara masyarakat saat ini memang lebih condong di dalam memilih bahan silicon untuk case ponsel mereka, tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena bahan yang satu ini lentur, jika dipegang terasa begitu nyaman dengan nilai lebih lainnya adalah perlindungan terhadap benturan, sehingga tidak mudah rusak ketika ponsel tersebut jatuh. Harganya di pasaran juga tergolong murah, namun kurang awet, dalam beberapa bulan masa pemakaian terkadang warna sudah mulai memudar.
  3. Carbon fiber, bahan yang satu ini banyak digunakan pada model case yang memiliki penutup di bagian depannya, sehingga tidak hanya melindungi body belakang saja, melainkan juga perlindungan terhadap layar depannya. Bahan carbon fiber ini tergolong ringan dan juga tidak mudah rusak, dari segi harga memang terbilang mahal mulai dari ratusan ribu rupiah.
  4. Kulit, bahan kulit terdiri dari 2 jenis, diantaranya adalah kulit sintetis atau buatan pabrik, kemudian juga ada bahan kulit asli, biasanya berasal dari binatang-binatang tertentu. Bahan dasar kulit ini memiliki tekstur yang agak kasar dan beralur, nyaman dipakai hanya saja perawatannya juga harus lebih ekstra, apalagi harganya juga terbilang mahal.
  5. Metal, sekarang kebanyakan diantara case ponsel ditawarkan dari bahan dasar metal atau logam, baik itu logam mulia maupun jenis logam biasa, karena memberikan tampilan yang mewah, namun kekurangannya adalah membuat ponsel cepat panas, selain itu harganya juga cukup mahal dibandingkan bahan lain, apalagi yang sudah di semati dengan jenis batu-batu mulia.

Jadi ingin pilih bahan casing hp yang mana? Setiap pilihan bahan akan sangat mempengaruhi tampilan ponsel tersebut, hanya saja tentu bukan hanya tampilan yang diutamakan, melainkan juga lebih kepada fungsi perlindungan.

Leave a Reply