Cara Tepat Menganalisis Berita Internasional

Berita internasional – Saat ini, kebutuhan manusia akan informasi sangatlah tinggi. Bagaimana tidak ? sebuah informasi akan bisa merubah kondisi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Kualitas manusia yang sering mengkonsumsi sebuah informasi akan jauh berbeda dengan orang yang jarang atau mungkin sama sekali tidak pernah mengkonsumsi informasi. Sebuah informasi salah satunya bisa anda peroleh dari sebuah berita yang tersaji dalam berbagai jenis media baik media elektronik, cetak maupun media online. Sangat banyak jenis berita yang saat ini beredar di masyarakat dunia, dan dari sekian banyak jenis berita tersebut, berita internasional terkini adalah salah satunya. Berita internasional merupakan jenis berita yang berisi tentang berbagai kejadian atau peristiwa yang terjadi di berbagai negara di seluruh dunia. Peristiwa – peristiwa tersebut meliputi peristiwa politik, ekonomi, sosial, budaya, olahraga dan lain – lain. Satu hal yang perlu anda perhatikan saat mengkonsumsi sebuah berita internasional adalah bahwa anda harus pintar dalam menganalisa berita – berita yang anda konsumsi. Analisa terhadap sebuah berita merupakan langkah yang sangat penting sebelum anda menjadikan berita tersebut sebagai referensi atau pertimbangan anda saat melakukan sesuatu hal.

Pada kesempatan ini, kita akan mencoba untuk mengulas tentang bagaimana cara melakukan analisa terhadap berita internasional yang anda peroleh dari beragam media yang ada saat ini. Adapun beberapa hal yang harus anda ketahui saat akan menganalisis sebuah berita internasional tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kenali berita sesuai dengan konteksnya. Teks memberikan informasi yang bersifat denotatif, sedangkan konteks merupakan pemahaman dari makna teks yang bersifat konotatif. Pemahaman konotatif setiap orang berbeda-beda dari makna denotatifnya karena dipengaruhi latar belakang, pendidikan, dan sebagainya.
  2. Pisahkan pendapat dari fakta. Fakta tidak berada dalam persepsi manusia, melainkan berada di luar persepsi manusia. Setiap orang berhak untuk mengklaim bahwa pendapat dirinya mewakili fakta, tetapi fakta tidak bisa diwakili oleh siapapun.
  3. Bandingkan berita dengan banyak sumber. Salah satu cara untuk memahami berita yang sebenarnya adalah dengan memahami dari berbagai sumber. Teknik trianggulasi dapat digunakan. Trianggulasi adalah pembuktian informasi melalui berbagai sumber media atau dengan berbagai sumber opini.

Bagi anda yang ingin mendapatkan berita internasional berkualitas, anda bisa memperolehnya di matamatapolitik.com. Mata Mata Politik adalah perintis media online di Indonesia yang menyajikan berbagai referensi berita dari berbagai media internasional yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *