oleh

5 Jenis Mainan Anak untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

-Gaya Hidup-37 views

Mainan anak bisa menjadi media perkembangan kognitif maupun emosional anak. Tentu dengan media seperti itu, orang tua akan mempunyai opsi lain dalam hal mendidik putra-putrinya. Orang tua mempunyai kewajiban untuk menyadari, kira-kira kemampuan apa yang menonjol pada anaknya. Seperti yang diketahui, ketika bayi lahir dan beranjak dewasa, pasti si kecil akan mempunyai kemampuan yang menonjol entah itu bicara, sosial, maupun kognitifnya.

Kemampuan kemampuan seperti itulah yang harus ditemukan ketika anak masih dalam tahap perkembangan. Ada beberapa pendekatan untuk mengetahui atau memaksimalkan bakat sejak dini. Ada metode sidik jari yang bisa mendeteksi kelemahan dan kelebihan anak nantinya. Namun jangan salah, mainan anak terbukti lebih efektif untuk mengetahui bakat dan kelebihan anak, dari berbagai mainan yang si anak suka.

Namun tentu ada beberapa mainan yang menjadi prioritas dan bisa mengembangkan kemampuan kognitif anak, apa saja mainanya?

Jenis Mainan Anak yang Bisa Merangsang Kemampuan Kognitif

Beberapa mainan ini pasti sering Anda mainkan sewaktu kecil. Namun jangan salah, mainan mainan ini sangat bagus untuk menunjang kemampuan kreatifitas dan problem solving  anak-anak Anda.

1. Permainan Bongkar Pasang

Mainan anak yang satu ini sebenanrnya sering sekali dijumpai di jalan ataupun di toko mainan. Kelihatan biasa memang, tapi tahukah Anda, bahwa mainan bongkar pasang ini bisa melatih kognitif anak. Anak akan lebih percaya diri dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Kemampuan problem solving akan sangat terasah dengan bermain bongkar pasang. Kreatifitas anak juga akan terasah ketika menyelesaikan masalah.

2. Mewarnai Gambar

Permainan yang tak lekang oleh waktu dan selalu menjadi favorit bagi anak-anak. Mewarnai memang menjadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi diawali dengan menggambar. Goresan crayon dan pensil warna yang diayunkan oleh si kecil sangat bagus dalam melatih kordinasi antar syaraf otak dan meningkatkan kreatifitas anak. Kemampuan memadupadankan warna yang serasi sangat pas untuk melatih otak kanan.

3. Bermain Boneka Jari (ventriloquist)

Pernahkah Anda melihat bonekah yang dimainkan menggunakan jari? Mungkin sekarang permainan ini sangat jarang dimainkan oleh anak anak karena pengaruh games mobile. Namun sebenarnya, permainan sederhana ini sangat baik untuk melatih imajinasi si kecil dan mendorong kemampuan verbalnya meningkat. Hal ini dikarenakan si kecil akan berbicara dan membangun tokoh sesuai imajinasinya, agar boneka terasa hidup.

4. Alat Musik Mini

Memberikan mainan anak berupa alat musik mini juga bagus untuk merangsang kreatifitas dan motorin anak. Alat musik seperti keyboard akan membantu anak dalam berkonsentrasi karena menekan tiap tuts pasti tidak mudah.

Alat musik jenis drum juga bagus untuk ketangkasan dan melatih syaraf motorik halus dalam berkordinasi. Berikan anak Anda alat musik mini ini, dan lihat perkembanganya.

5. Permainan Bentuk dan Angka

Yang masuk dalam kategori ini adalah permainan seperti menebali huruf dan angka pada kertas. Permainan ini juga sangat bagus untuk meningkatkan problem solving dan imajinasi anak. Atau permainan menjodoh-jodohkan bentuk segitiga atau kotak ke dalam lubang juga bagus melatik daya analisis dan daya ingat anak.

Semua mainan anak di atas telah terbukti melatih kecerdasan anak, mulai dari kecerdasan kognitif sampai kecerdasan verbal. Memberikan anak mainan dan membiarkan mereka bereksperimen merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Berikan mainan anak untuk tumbuh kembang yang lebih sehat.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed