oleh

Mengenal Teknologi 5G, Teknologi Masa Depan

-Teknologi-23 views

 

Teknologi komunikasi semakin hari semakin berkembang. Teknologi ini menjadi salah satu yang berkembang dengan sangat cepat. Apalagi dengan kemajuan zaman, teknologi komunikasi atau yang bisa juga disebut dengan mobile communication juga banyak diminati masyarakat.

Ini bisa dilihat dari perkembangan teknologi dalam bidang seluler. Banyak orang yang menggunakannya untuk berkomunikasi dan juga bertukar data dengan cepat, mudah, dan juga mobile. Saat ini teknologi komunikasi bergerak atau mobile technology berkembang dengan cepat, dimulai dengan layanan 1G hingga saat ini muncul teknologi 5G. Komunikasi mobile sudah memasuki komunikasi mobile generasi ke 5 atau 5G.

Generasi ke 5 dari komunikasi mobile atau teknologi 5G ini adalah istilah yang bisa digunakan untuk menyebut generasi selanjutnya dari standar komunikasi seluler 4G yang sudah populer sebelumnya.

Jaringan 5G Akan Rilis 2020 Nanti

Saat ini jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan dan direncanakan akan resmi dirilis untuk sistem operasi seluler pada tahun 2020. Teknologi 5G tentunya bisa mempercepat kehidupan digital di masa depan. Kelebihannya memungkinkan semua hal bisa dioperasikan melalui perangkat mobile dan bisa terkoneksi kapan saja dan dimana saja.

Pada teknologi ini, data bisa dikirim dengan gelombang radio dan akan terbagi menjadi frekuensi yang berbeda. Setiap frekuensi ini telah disiapkan untuk jenis komunikasi yang berbeda, misalnya aeronautical dan sinyal navigasi maritim, ada pula siaran televisi dan mobile data.

Pemakaian dari frekuensi tersebut diregulasikan oleh International Telecommunication Union (ITU). ITU juga sudah merestrukturasi bagian dari gelombang radio agar dapat mentransmisikan data dan juga mengembangkan teknologi komunikasi yang ada termasuk dalam 4G dan 3G.

Tentunya jaringan 5G akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan 4G. Dengan kecepatan yang lebih dari 1 Gbps, Anda bisa mendownload file film ukuran 1GB hanya dengan sekedipan mata saja. Uji coba dari jaringan 5G ini dilakukan oleh SK Telecom dan KOTSA yang ada di Korea Selatan.

Dari uji coba yang dilakukan, tercatat waktu unduh berkas dengan ukuran 1GB hanya memerlukan waktu 0,4 detik. Jaringan 5G juga diprediksi mempunyai kecepatan sekitar 800Gbps atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya yaitu Long Term Evolution (LTE).

Smartphone yang Mengadopsi Jaringan 5G

Nah, lalu apa saja smartphone yang diprediksi akan memakai jaringan 5G? Ini dia beberapa diantaranya :

  1. Apple

Apple tidak akan langsung menanamkan dukungan jaringan 5G ke dalam produknya. Kabarnya, mereka akan menerapkan teknologi ini ke dalam iPhone pada tahun 2020. Ini disebabkan chip modem 5G Intel yang dirilis baru akan tersedia pada pertengahan tahun 2019, dan Intel juga memperkirakan modem tersebut dipakai pada ponsel yang dirilis pada tahun 2020.

  1. Samsung

Samsung telah bekerja sama dnegan perusahaan telekomunikasi Korea Selatan untuk merilis ponsel 5G pertama yang mereka miliki. Ponsel ini bukan Galaxy S10 biasa, namun menyebutkan ponsel ini adalah Galaxy S10 Plus.

  1. Google

Google belum menyebutkan rencananya untuk jaringan 5G, namun operator Verizon menyebutkan akan menggelar jaringan 5G pada awal tahun 2019. Verizon aalah partner eksklusif dari Google untuk ponsel Pixel. Tentunya ada kemungkinan Pixel 4 menjadi ponsel yang memiliki jaringan 5G.

  1. Huawei

Huawei telah menjanjikan ponsel 5G pertamanya akan dirilis sebelum Juni 2019. Setelah mereka merilis modem 5G dan prosesor Kirin pertamanya pada Maret 2019. Selain jaringan 5G, Huawei juga menyebut ponsel yang akan dirilis tersebut juga akan memiliki layar yang bisa dilipat.

Itu dia informasi mengenai teknologi 5G dan juga daftar merk smartphone yang akan mengusung jaringan tersebut. Tentunya untuk Anda yang ingin memiliki ponsel dengan jaringan 5G, bisa menyiapkan budget mulai dari sekarang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed