oleh

6 Tips Merawat Mobil yang Tepat

 

Seberapa sering Anda melakukan perawatan pada mobil kesayangan? Mobil yang Anda kendarai setiap hari juga membutuhkan perawatan agar performanya tetap baik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tips merawat mobil yang baik dan benar.

Merawat mobil itu susah-susah gampang. Tidak cukup sekedar dipanasi setiap hari. Mobil juga butuh dicek komponen-komponennya, apakah masih berfungsi dengan baik, apakah sudah perlu diganti. Jika Anda tidak rutin mengeceknya, bisa terjadi kerusakan mobil yang tidak dapat dicegah. Kalau sudah begitu, Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, lakukan perawatan pada mobil secara rutin. Di bawah ini, ada beberapa tips merawat mobil yang benar.

  1. Pilihlah bahan bakar yang tepat

Mobil yang Anda miliki statusnya adalah mobil pribadi. Sesuai ketentuan yang ada, Anda tidak diperbolehkan menggunakan BBM bersubsidi seperti premium dan pertalite. Anda seharusnya menggunakan BBM jenis Pertamax atau BBM yang memiliki nilai oktan lebih tinggi.

BBM dengan nilai oktan yang semakin tinggi akan lebih hemat digunakan. Hal ini karena proses pembakaran BBM terjadi lebih lambat. Juga, BBM dengan nilai oktan yang lebih tinggi tidak akan meninggalkan residu pada mesin. Berbeda dengan BBM oktan rendah, seperti premium, yang akan meninggalkan residu di mesin yang bisa mengakibatkan terganggunya kinerja mesin mobil Anda.

  1. Tune Up secara berkala

Bawalah mobil Anda ke dealer atau bengkel resmi untuk tune up berkala. Jika digunakan setiap hari dengan jarak tempuh yang lumayan panjang, Anda sebaiknya rutin membawanya ke bengkel. Siapa tahu ada tanda-tanda kerusakan yang tidak disadari, bisa langsung dibetulkan oleh ahlinya.

Ketika melakukan tune up ini, Anda juga sebaiknya meminta ke montir yang menangani mobil Anda untuk mengecek keadaan oli dan spare part. Jika harus diganti, Anda sebaiknya mematuhi saran tersebut agar performa mobil tetap terjaga.

  1. Pastikan tidak kekurangan cairan

Tips merawat mobil yang ketiga adalah Anda harus memastikan mobil tidak kekurangan cairan. Mobil Anda membutuhkan beberapa cairan untuk mendukung kinerjanya, diantaranya yaitu cairan radiator, air aki, air wiper, oli, minyak power steering, dan minyak rem.

Pastikan cairan-cairan tersebut terisi. Jangan sampai cairan-cairan itu habis dan mobil mengalami kekeringan. Hal ini bisa berakibat fatal untuk mobil Anda.

  1. Cek bagian-bagain ini

Periksa juga bagian-bagian mobil ini, yaitu timing belt, busi, lampu, dan signal-signal lainnya. Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, sebelum pemakaian, periksa kondisi dan tekanan ban. Pastikan keempat ban pada mobil dalam kondisi yang baik dan mempunyai tekanan yang cukup. Lakukan isi ulang angin jika ban mulai kempes.

  1. Selalu panaskan mobil

Jika Anda menggunakan mobil setiap hari, otomatis Anda akan memanaskannya setiap hari. Namun jika mobil Anda jarang digunakan, sebaiknya tetap memanaskan mobil secara rutin. Mesin mobil Anda bisa bermasalah jika tidak pernah dipanaskan karena alasan sedang tidak dipakai.

  1. Rutin mencuci mobil

Agar tetap terawat dan terlihat bersih, Anda tidak boleh melewatkan tips merawat mobil yang terakhir ini, yaitu mencuci mobil. Selain terlihat bersih dan terawat, mobil Anda juga terhindar dari karat. Karena itu, jangan malas mencuci mobil. Anda bisa mencucinya sendiri atau dibawa ke tempat cuci mobil.

Demikianlah 6 tips merawat mobil yang benar. Luangkan waktu untuk mengecek komponen-komponen mobil Anda. Lakukanlah secara rutin agar mobil Anda tetap dalam performa terbaiknya dan tidak memiliki kerusakan yang parah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed