Search

Mau Ganti Suasana? Begini Cara Kombinasi Warna Cat Rumah yang Tepat

post-title

Bosan dengan cat rumah yang sudah terlalu lama? Mau ganti suasana tapi bingung mau memilih warna apa? Daripada Anda bingung, yuk lakukan cara kombinasi warna cat rumah ini agar Anda bisa mendapatkan warna rumah yang cantik. Penasaran bagaimana caranya? Berikut tipsnya :

1. Gunakan Cakram Warna

Jika Anda kebingungan dalam memilih warna yang akan digunakan, Anda bisa memanfaatkan cakram warna. Dalam cakram warna, terdapat tiga warna dasar sebuah cat yang harus Anda tahu yakni merah, biru dan kuning. 

Dari warna ini di hasilkanlah warna-warna sekunder beserta dengan turunan lainnya. Nah, cara yang paling mudah untuk mendapatkan warna yang serasi dan tidak norak, maka pastikan dari cakram warna ini membentuk sudut 90 yang saling melengkapi satu sama lain. 

2. Tentukan Konsep Sesuai dengan Ruangannya

Setiap ruangan sebelum memutuskan untuk dicat, maka Anda harus memiliki konsep terlebih dahulu. Jika rumah Anda mengusung gaya minimalis maka Anda bisa memadukannya dengan gaya kontemporer, atau bahkan gaya pop art juga bisa. 

Tentunya, setiap ruangan harus memiliki desain yang nyaman dan sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh, sebuah kamar anak yang memadukan warna putih dan biru sebagai konsep kamar. Hal ini memiliki makna bahwa ada sebuah awan di atas yang mengharuskan anak untuk menggapai cita-cita setinggi langit. 

Contoh lain kamar tidur orang dewasa yang menggunakan konsep warna agar gelap. Hal ini memiliki makna untuk menciptakan rasa nyaman terutama setelah seharian lelah bekerja. Dengan mengetahui cara kombinasi warna cat rumah yang tepat, maka ruangan akan lebih sesuai dengan fungsinya masing-masing. 

3. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Dalam mengombinasikan warna, Anda juga harus menyesuaikannya dengan ukuran ruang itu sendiri. Untuk ruangan yang sempit, Anda bisa menggunakan warna terang seperti kuning, putih, cokelat muda agar kesan luas lebih muncul pada ruangan ini.

Meskipun demikian, bukan berarti pilihan warnanya menjadi terbatas. Anda juga bisa memilih warna lain yang sesuai dengan yang diinginkan. Namun, pastikan hal tersebut juga cocok dengan furnitur yang Anda miliki. 

4. Tentukan Point of Interest

Setiap ruangan pasti memiliki ciri khasnya masing-masing atau disebut dengan point of interest. Nah, di sini untuk menonjolkan hal tersebut agar lebih bermakna dan berkesan, maka pemilihan warna sangatlah penting untuk dilakukan. 

Warna ini tidak hanya hadir dari cat yang dipilih saja, namun juga dengan properti yang ada di dalamnya. Sebagai contoh, jika Anda mengusung ruang dengan warna cat putih dan lantai yang berwarna parket. Maka, di sini Anda bisa memilih sofa warna merah agar ruangan ini lebih menonjolkan karakternya. 

Sedangkan di kamar mandi, misalnya Anda menggunakan dinding yang berwarna orange tua, maka di sini Anda harus menggunakan bathtub warna putih untuk menonjolkan sisi area bathtub itu sendiri. 

5. Gunakan Warna Berbeda sebagai Batas Ruangan

Nah, untuk membedakan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya, maka Anda bisa menggunakan warna yang berbeda di sini. Nah, di sini Anda bisa menggunakan warna kontras ataupun komplementer sesuai dengan selera.

Hal yang paling penting adalah pemilihan warna yang dilakukan itu mendukung dengan kesan yang ingin disampaikan dari setiap ruangan itu sendiri. 

Dari cara kombinasi warna cat rumah di atas, maka Anda bisa mendapatkan warna rumah yang sesuai dengan keinginan namun tetap terlihat cantik dan tidak norak. Coba deh gunakan tips di atas dan dijamin rumah Anda akan mendapatkan suasana baru yang lebih berbeda. 

Tags:
Profile Picture of Ahmad Suriansyah

About author
Blogger - Asur85.com
View all posts (14)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post