Search

5 Cara Analisis SWOT dalam Perusahaan dan Pembuatannya

post-title

Sebelum membuat perusahaan, harus membuat business plan untuk mempersiapkan perusahaan secara matang. Perusahaan yang dibuat dengan persiapan yang matang dan perencanaan, akan meminimalisir kegagalan. Salah satu yang harus dilakukan selain membuat business plan adalah analisis SWOT. Analisis ini penting dilakukan untuk mengetahui komponen dalam perusahaan yang dapat dimaksimalkan, diminimalisir, bahkan dihilangkan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar perusahaan yang akan dibangun dapat memaksimalkan kekuatan serta meminimalisir kelemahan. Selain itu juga untuk mengurangi ancaman perusahaan dan membuka peluang besar yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan. 

Analisis SWOT dilakukan secara berkala dari 6-12 bulan. Perubahan masa juga akan mengubah sumber daya yang mendukung berjalannya perusahaan. Usaha yang sudah lama berjalan dapat menemukan strategi baru untuk meningkatkan perkembangan perusahaan dari analisis ini. 

Analisis SWOT tidak harus dikerjakan sendiri, libatkan banyak pihak yang ikut andil dan memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Analisis ini tidak hanya dilakukan pada saat akan membangun usaha baru, usaha yang sudah lama berdiri juga perlu adanya analisis ini. 

Bagi usaha yang akan dibangun, dapat digunakan sebagai perencanaan dan untuk usaha yang sudah berdiri dapat digunakan untuk membuat strategi selanjutnya. Simak beberapa cara analisis SWOT untuk perusahaan berikut ini !

Cari Kekuatan

Lihat dari sisi kekuatan produk atau usaha yang akan dijalankan. Sisi keunggulan dari usaha akan membuatnya semakin kompetitif dan menjadi daya saing bagi usaha lain. Kekuatan yang ditemukan terus dimaksimalkan agar dapat berkembang dan membuat perusahaan menjadi lebih maju.

Cari Kelemahan

Setiap perusahaan memiliki sisi positif dan negatif, salah satunya adalah kelemahan dari perusahaan itu sendiri. Kelemahan ini perlu dipelajari, agar dapat dijadikan pedoman untuk meminimalisirnya. Jangan abaikan kelemahan suatu perusahaan karena dapat menjatuhkan perusahaan. Kelemahan dapat dilihat dari fasilitas yang belum ada dalam perusahaan, masalah finansial, maupun dari sisi tenaga kerjanya.

Lihat Peluang

Teliti  dalam melihat peluang dari suatu usaha karena usaha yang memiliki peluang besar dapat dengan mudah dalam meningkatkan kekuatan perusahaan. Peluang dapat dilihat dari perkembangan dari suatu perusahaan, relasi dengan perusahaan lain ataupun dari sistem yang mendukung pada efektivitas kerja suatu perusahaan. Peluang dapat berubah sesuai masa, trend yang ada di masyarakat. Maka dari itu, selalu lihat peluang dari berbagai sisi, baik internal maupun eksternal perusahaan.

Kenali Ancaman

Ancaman tidak harus selalu datang dari luar perusahaan. Hati-hati dalam menganalisis ancaman. Ancaman bisa dilihat dari sisi pemerintahan yang mengubah peraturan dan dapat berefek buruk pada jalannya usaha. Selain itu, dapat pula dilihat dari fasilitas perusahaan yang sudah tidak relevan atau compatible dengan perubahan zaman dan trend terkini. 

Buat Strategi 

Setelah menganalisis empat komponen dari perusahaan yaitu kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang, perlu dipertimbangkan untuk Menyusun stratedi dalam memaksilkannya guna membangun peluang yang besar. Empat komponen yang sudah dianalisis akan dipilah beberapa hal yang mempengaruhinya, lalu menuangkannya dalam bentuk gambar matriks. 

Analisis SWOT  yang sudah diuraikan keempat komponen tadi, digunakan untuk membuat daftar strategi nyata selanjutnya. Itulah uraian cara analisis SWOT yang diikuti dengan pembuatan strategi selanjutnya. Selain perencanaan bisnis, analisis ini sangat dibutuhkan untuk membuka usaha maupun mengevaluasi usaha yang sudah berjalan. 

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (68)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post