Search

Bukan Perumahan Elite, ini 3 Wilayah Jakarta yang Bebas Banjir

post-title

Jakarta merupakan salah satu kota yang menjadi korban pembangunan developer yang masif. Pembabatan ruang terbuka hijau menjadi salah satu alasan banjir di Jakarta belum mampu teratasi. Kepadatan penduduk yang begitu tinggi juga menjadi faktor yang membawa Jakarta dalam kondisi ini. Tapi ada  beberapa wilayah Jakarta yang bebas banjir. 

Bintaro

Wilayah ini memang sempat terdampak banjir, namun kini daerah Bintaro telah bebas banjir. Banjir memang tidak bisa diprediksi terkadang beberapa kawasan yang tahun lalu tidak terdampak malah menjadi terdampak banjir tahun ini. Memang kita perlu melihat adanya perkembangan informasi agar dapat berjaga-jaga dari banjir.

Wilayah Bintaro pada beberapa titik tergenang oleh banjir. Meski begitu saat ini wilayah Bintaro sudah tidak banjir lagi. Bahkan apartemen juga tak luput dari banjir tahun ini. Banjir tahun ini dapat disebut sebagai banjir yang cukup parah untuk wilayah ibu kota. Kita semua berharap agar wilayah terdampak dapat segera pulih dari bencana banjir.

Depok

Wilayah lain yang sudah tidak banjir adalah Depok. Kita tahu daerah UI ini merupakan langganan banjir tapi saat ini wilayah Depok bebas dari banjir. Dikenal sebagai perwujudan kota pelajar kecil, wilayah UI punya kepadatan yang tak kalah riuh. Surutnya banjir Depok membuat kota ini sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

Hal ini tentu akan memperbaiki dan mempercepat kota ini untuk menghadapi masa rehabilitasi pasca bencana. Namun banyak warga Depok yang merasa bahwa masih perlu berbenah mengenai banjir. Kekhawatiran masyarakat terhadap banjir susulan adalah hal yang wajar mengingat banyak tempat yang terdampak banjir tahun ini.

Mau tidak mau Depok harus tetap survive dalam menghadapi keadaan. Diharapkan banjir tidak akan muncul karena masyarakat sudah mulai bisa untuk beraktivitas normal saat ini. Universitas Indonesia sendiri juga telah menyelenggarakan wisuda pasca banjir terjadi. Hal tersebut menggambarkan bahwa situasi di sana sudah mulai terkendali.

Jatinegara

menjadi salah satu wilayah yang terdampak banjir. Jatinegara sempat lumpuh selama beberapa saat. Namun pada Februari kemarin banjir mulai surut dan Jatinegara menjadi salah satu wilayah Jakarta yang bebas banjir. Wilayah Jatinegara yang terdampak banjir adalah 6 RW. Walaupun setiap tahunnya Jatinegara merupakan salah satu wilayah yang terdampak banjir namun tahun ini banjir memang menjamah wilayah yang lebih luas.

Untungnya banjir sudah surut untuk wilayah Jatinegara. Namun, warga masih berjaga-jaga mengenai kemungkinan adanya banjir susulan. Meski begitu aktivitas warga mulai berjalan dengan normal. 

Banjir Memang Datang Tiap Tahun

Kita semua selalu mengharapkan solusi dari pemerintah pusat untuk mengatasi banjir. Namun hal itu tidak bisa terjadi apabila kita masih membuang sampah sembarangan dan tidak peduli terhadap lingkungan. Dalam pengendalian banjir semua pihak perlu turun tangan dan ikut serta. Jangan sampai langkah-langkah pengendalian justru tidak dihiraukan.

Sampai saat ini wilayah Jakarta masih ada yang terendam banjir. Beberapa wilayah sudah mulai surut. Persiapan dan bantuan dari pemerintah selalu dilakukan setiap tahun tapi belum bisa untuk mengatasi banjir 100%. Banjir Jakarta merupakan banjir kiriman dari Bogor. Hal itu juga terkait dengan manajemen sampah di ibukota yang masih carut marut.

Kita tidak bisa menyalahkan satu pihak dalam urusan banjir. Semua pihak harus bisa terlibat dan mulai menjaga diri untuk menghindarkan banjir tahun depan. Musim hujan memang tidak bisa kita prediksi secara pasti, tapi persiapan seperti pembuangan sampah dan sistem pengairan yang baik akan membantu sebuah kota terhindar dari banjir.

Memang hingga saat ini banjir masih menjadi salah satu problem di ibukota. Maka dari itu kita harus bersama-sama me-manage kota agar lebih baik ke depan. Sampai saat ini sudah ada beberapa wilayah Jakarta yang bebas banjir. Namun itu tidak berarti tahun depan akan aman dari banjir. Kita sama-sama berharap bahwa banjir bisa diatasi dengan baik.

Tags:
Profile Picture of Maulinda

About author
Teacher & Counselor
View all posts (19)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post