Search

Ini 8 Perusahaan yang Tergabung dalam BUMN Properti

post-title

BUMN terdiri dari banyak perusahaan yang bergerak di bidang yang berbeda-beda, salah satunya adalah properti. Ada beberapa nama perusahaan yang tergabung dalam BUMN properti dan berperan penting dalam pembangunan Indonesia. Berikut adalah nama-nama perusahaan BUMN yang bergerak di bidang properti.

Perum Perumnas

Perum Perumnas atau Pembangunan Perumahan Nasional adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan perumahan untuk masyarakat. Perusahaan ini menyediakan perumahan dengan segmen masyarakat menengah ke bawah. Perumnas sampai saat ini telah menciptakan kawasan permukiman yang layak di Indonesia.

Wijaya Karya (Persero)

Wijaya Karya lebih dikenal di masyarakat dengan nama PT WIKA. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1960-an. Pada awal berdirinya WIKA bekerja di bidang instalasi pipa air dan listrik. Pada tahun 1972, WIKA kemudian berkembang menjadi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan mengelola banyak proyek besar.

Adhi Karya (Persero)

Adhi Karya didirikan pada tahun 1960. Perusahaan ini mengelola pembangunan perumahan dan bangunan komersial lainnya. Selain perumahan, Adhi Karya juga mengelola proyek pembangunan mal dan ruang publik. Perusahaan ini juga sering memegang proyek pengerjaan moda transportasi khususnya di perkotaan.

Pembangunan Perumahan (Persero)

Perusahaan ini dikenal dengan nama PT PP Persero. Perusahaan ini mulai berdiri pada tahun 1953 dan telah memegang banyak proyek besar di bidang konstruksi. Pada awal berdirinya, PT PP Persero langsung dipercaya mengelola proyek besar pembangunan rumah karyawan PT Semen Gresik. 

Setelah proyek pertamanya sukses, PT PP Persero terus mendapatkan proyek-proyek konstruksi berskala besar. Hotel Indonesia yang menjadi salah satu bangunan legendaris di Jakarta, juga dikerjakan oleh perusahaan ini. Sudah ada banyak bangunan besar di Indonesia yang dikerjakan oleh PT PP Persero.

Amarta Karya (Persero)

Perusahaan BUMN properti yang satu ini populer di masyarakat dengan nama PT AMKA. 

AMKA adalah salahsatu perusahaan yang sudah menangani proyek-proyek penting di wilayah Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1962 dan berkantor pusat di Bekasi, Jawa Barat. 

  1. Istaka Karya (Persero)

Istaka Karya berdiri pada tahun 1986 dan langsung bergerak di bidang konstruksi sejak awal berdirinya. Pada awalnya perusahaan ini bernama PT ICC atau Indonesian Consortium of Construction Industries. Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta dan sudah menyelesaikan banyak proyek konstruksi besar di Indonesia.

Hutama Karya (Persero)

Hutama Karya merupakan perusahaan yang mengelola proyek konstruksi dan pembangunan jalan tol di Indonesia. Perusahaan ini berdiri tahun 1973. Namun, sebelum tahun 1973, Hutama Karya sudah terbentuk dengan nama Hollandsche Beton Maatschappij atau HBM milik Hindia Belanda. 

Perusahaan ini menjadi bagian dari proses pembangunan di Indonesia. Ada banyak proyek bangunan yang telah diselesaikan dengan baik oleh Hutama Karya. Mulai dari bangunan gedung, jalan, bandara, jembatan, pelabuhan, dan lain sebagainya. Hutama Karya memiliki peran besar dalam pembangunan kota-kota besar di Indonesia.

Pengerukan Indonesia (Persero)

Pengerukan Indonesia dikenal secara populer di masyarakat sebagai PT Rukindo. Perusahaan ini bergerak di bidang properti Indonesia. Pada awal berdirinya, perusahaan ini bergerak di bidang pengerukan dan jasa galangan. Saat ini Rukindo juga mengelola bidang lain seperti penambangan pasir dan pengembangan lahan.

Itulah beberapa nama perusahaan yang masuk ke dalam BUMN properti. BUMN telah banyak berkontribusi bagi kemajuan dan perkembangan Indonesia. Pembangunan Indonesia tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya perusahaan-perusahaan dari BUMN yang bergerak di bidang properti ini.

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (72)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post