Search

7 Kiat Investasi Menguntungkan Bagi Anda yang Bergaji UMR

post-title

Anda yang ingin memiliki kehidupan di usia tua yang lebih baik, maka wajib memilih investasi yang tepat sejak usia muda. Selain punya tabungan sebagai dana darurat, maka investasi bisa menjadi sumber penghasilan sampingan setelah Anda memasuki usia pensiun kelak. Pastikan Anda mempelajari kiat investasi yang menguntungkan sejak muda guna bisa memiliki jaminan finansial keluarga yang lebih baik nanti. 

Investasi Dengan Gaji UMR

Memiliki gaji UMR bukan alasan Anda untuk berhenti memikirkan kiat investasi yang menguntungkan di era digital ini. Selagi usia masih muda dan produktif, potensi Anda mengubah masa depan lebih cerah dengan memiliki investasi sangat besar. Supaya Anda bisa menyisihkan uang untuk memulai investasi yang baik, maka perhatikan beberapa kiat berikut :

1. Memahami pentingnya manfaat investasi

Sebelum Anda terjun ke dunia investasi yang sesuai kebutuhan, sebaiknya ketahui ragam jenis investasi yang ada seperti logam mulia, properti, reksadana, saham, tabungan, deposito jangka panjang, dan lain-lain. 

Pelajari manfaat pentingnya memiliki investasi sejak muda, misalnya mengajari Anda hidup hemat, bisa digunakan sesuai dengan rencana keuangan yang Anda inginkan, bisa memberikan pendapatan sampingan diluar gaji utama, dan masih banyak manfaat lainnya.

2. Membuat perencanaan yang baik

Langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam menerapkan tips investasi adalah membuat perencanaan yang tepat. Anda harus melihat pengeluaran bulanan yang wajib hingga kebutuhan sekunder sebagai anak muda. Setiap orang jelas memiliki kebutuhan atau pengeluaran masing-masing, lalu pos mana yang harus Anda kurangi demi melakukan investasi masa depan. 

Perencanaan ini berlaku mengenai nominal yang bisa Anda sisihkan untuk investasi, kemudian berapa target yang Anda inginkan dalam waktu tertentu, pemilihan jenis investasi yang tepat, return investasi yang paling besar, dan lain-lain. 

Untuk pemula yang masih takut mengambil risiko besar bila melakukan program investasi reksadana atau saham, maka pilih jenis investasi minim risiko seperti logam mulia atau deposito jangka panjang.

3. Mulai lakukan investasi

Jangan menunda keinginan Anda untuk melakukan investasi sejak muda bila ingin sukses mulai sekarang. Coba bayangkan berapa usia produktif Anda dengan target keuangan yang diinginkan. Bila Anda enggan memulai seiring usia yang terus bertambah, maka potensi Anda tidak memiliki dana atau tabungan masa tua bisa saja terjadi. Fokus investasi harus Anda mulai dari sekarang atau tidak sama sekali, lho!

4. Mulai memilih instrumen investasi

Bagi pemula yang masih cema dan belum berani mengambil risiko dari setiap peluang yang ada, maka pilihan logam mulia, tabungan dan deposito jangka panjang memang lebih aman. Namun, return investasi yang sedikit membuat Anda harus mulai memilih instrumen investasi yang lebih menjanjikan. 

Instrumen investasi menguntungkan yang bisa Anda pilih seperti reksadana dan pasar saham. Memang ada risiko besar bila Anda salah memilih manajer investasi atau penentuan keputusan yang salah, tetapi Anda memang harus mulai belajar dari sekarang agar bisa mendulang uang lebih besar. Investasi kekinian sudah berubah semakin cepat sehingga Anda juga harus ikut inovatif dan mengetahui tren pasar yang tengah terjadi.

5. Selalu belajar 

Rajin belajar menjadi kunci agar Anda sukses investasi sejak dini, ya! Belajar investasi bisa Anda lakukan dengan banyak bertanya pada senior yang lebih berpengalaman, belajar dari buku, media internet, datang ke seminar atau kelas investasi baik gratis atau berbayar, dan lain-lain. Tidak ada jalan mudah menjadi jutawan tanpa usaha keras yang Anda lakukan bertahun-tahun, lho!

Belajar sejak usia muda bisa membantu Anda menjadi seorang jutawan sukses yang memiliki investasi besar. Tidak ada yang tidak mungkin di era digital, apalagi kini banyak aplikasi investasi yang menawarkan kemudahan dan kepraktisan dari sekali klik, bukan? 

6. Selalu mewaspadai investasi abal-abal

Berhubungan dengan kiat investasi nomor lima bahwa ada banyak aplikasi investasi di internet yang menawarkan kemudahan bagi investor pemula, tetapi Anda harus teliti sekali. Pastikan mengawasi aplikasi benar-benar terdaftar di OJK sehingga aman alias tidak menimbulkan risiko kerugian. 

Investasi abal-abal yang marak di sekitar bisa membuat Anda rugi, alih-alih menguntungkan. Sebaiknya lakukan kroscek lebih dulu terkait rekam jejak, testimoni investor lama, keuntungan yang masuk akal, dan lain-lain. 

Bila ada indikasi kecurangan atau tindak kriminal yang dilakukan oleh oknum aplikasi investasi kekinian tersebut, maka Anda tidak boleh gegabah menanamkan modal atau bakal gigit jari. 

7. Jangan berhutang untuk melakukan investasi 

Investasi memang menjanjikan keuntungan dan kerugian yang beda tipis, kecuali Anda memilih jenis investasi paling aman seperti logam mulia dan tabungan. Hal penting yang tidak boleh Anda lakukan bila tertarik melakukan investasi adalah tidak melakukan hutang dengan sistem berbunga. 

Pasalnya, hutang yang Anda gunakan untuk investasi bisa saja memiliki bunga yang cukup besar. Selain itu, nilai keuntungan investasi belum tentu bisa membayar bunga atau cicilan hutang per bulan. Ada baiknya memilih instrumen investasi berdasarkan performa finansial Anda sendiri saja. Misalnya dana yang Anda miliki masih tergolong kecil atau pas-pasan, sebaiknya gunakan dana untuk investasi yang paling aman seperti emas atau deposito online yang kekinian. Dana bisa mudah dicairkan bila Anda butuh sewaktu-waktu meskipun tetap terpengaruh laju inflasi. 

Selain beberapa tips investasi menguntungkan di atas, Anda juga harus memperhatikan relasi atau jangkauan investasi yang lebih luas. Tidak ada salahnya untuk masuk kelas investasi, memiliki lebih banyak teman, mengikuti para pesohor di bidang investasi yang lebih profesional, dan cara lain untuk meningkatkan jangkauan investasi Anda. Semakin luas jangkauan investasi, maka Anda bisa mendapatkan ilmu dan wawasan investasi kekinian terbaru guna meningkatkan potensi investasi sejak usia muda. 

Menjadi jutawan sukses saat usia masih dua puluhan, kenapa tidak? Anda bisa melakukan investasi tidak hanya seputar uang saja saat usia masih produktif. Lakukan investasi dana Anda untuk menambah wawasan, mengikuti pendidikan terbaru, menambah skill atau kemampuan lain, maka Anda siap mengguncang dunia yang bisa berubah kapan saja. Bila terjadi perubahan ekonomi yang tidak disangka-sangka, Anda selalu punya inovasi dan kemampuan bertahan bahkan berkembang lebih baik lagi. 

Yuk, mulai pilih instrumen investasi yang sesuai kebutuhan Anda sekarang!

Investasi sejak usia muda bisa menjadi batu loncatan Anda menjadi pengusaha sukses kelak setelah resign dari kantor atau memasuki masa pensiun. Anda yang masih muda dengan pikiran yang terbuka luas, bisa meningkatkan pundi penghasilan bukan dari pendapatan utama saja. Investasi bisa menjadi dana darurat yang Anda butuhkan saat terjadi risiko yang tidak diinginkan, termasuk risiko kesehatan dan hal-hal yang terjadi seiring pertambahan usia manusia. 

Yakin tidak ingin mencoba kiat investasi yang menguntungkan sejak muda? Investasi bisa menjadi salah satu penopang perekonomian bangsa yang menjadi lebih berkembang pesat, lho! Pilih jenis investasi yang sesuai dengan profil Anda agar bisa menghasilkan return terbaik sesuai keinginan. 

Profile Picture of ARTIKELASIA

About author
Jasa Tulis Artikelasia (Since 2016)
View all posts (5)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post