Search

7 Teknik Menghafal dengan Cepat dan Akurat

post-title

Menghafal merupakan suatu kegiatan membaca kembali apa yang pernah kita pelajari. Bisa didapatkan dari melihat, mendengar, meraba dan perpaduan ketiganya. Saat kita mendengar satu kata, otak kita akan memanggil data yang tersimpan kemudian mengalirkannya ke mulut untuk berbicara. Bagi yang kesulitan menghafal, saat ini banyak teknik menghafal dengan cepat yang memudahkan Anda dalam menghafal.

Cara Cepat Menghafal Materi di Sekolah

Kemampuan menghafal setiap orang berbeda-beda. Ada yang melihat pertama langsung mudah menghafal, ada yang perlu waktu lama untuk bisa menghafal. Hal ini bukan karena bodoh. Ada yang dikaruniai menghafal dengan mudah dan cepat serta tepat. Tidak perlu khawatir untuk yang sulit dalam menghafal. Berikut disajikan beberapa teknik menghafal dengan cepat.

Menandai Keyword serta Poin Penting Lainnya

Saat Anda mengenal kosakata baru dalam materi baru, Anda bisa mencatatnya dalam buku atau kertas agar bisa Anda pelajari dimanapun. Dengan begitu, akan lebih  mudah dalam menghafal karena bisa dibuka setiap waktu. Tidak hanya itu, Anda juga menandai kata kunci dan poin penting lainnya agar inti dari materi yang dihafalkan tidak hilang juga untuk menghindari kesalahan konsep.

Membaca Tulisan Berulang-ulang

Cara lain yang bisa ditempuh adalah membacanya berulang-ulang. Apapun itu baik catatan, berita dalam koran ataupun materi di smartphone. Tulisan yang dibaca berulang-ulang akan membuat rantai syaraf di otak semakin bertambah panjang sehingga Anda dengan sendirinya akan hafal. Pilihlah tempat nyaman untuk melakukan hal ini agar tidak bosan.

Melakukan Tanya Jawab

Cara ini dikenal paling efektif karena indera penglihatan, pendengaran dan mulut bekerja bersama. Lakukan sesi ini bersama orang lain dengan menanyakan sekitar materi yang sedang dipelajari. Cara ini jangan pernah sampai dilewatkan karena adanya peran orang lain sangat membantu dalam keberhasilan menghafal. 

Menghafalkan Materi Bersama-sama

Cara ini juga dapat membantu mudah dalam menghafal. Saat Anda melakukannya bersama-sama, Anda akan berusaha untuk menyelaraskan ucapan Anda dengan orang lain. Jika belum selaras, Anda akan berusaha cepat mengingat apa yang akan diucapkan. Meskipun terbata-bata pada awalnya, jika dilakukan berulang-ulang maka akan semakin lancar.

Fokus pada Satu Topik Pembahasan

Langkah lainnya yang harus dicoba adalah menghafalkan satu topik pembahasan. Hal ini bertujuan agar fokus tidak bercabang dan semakin mudah dalam menyerap kata yang akan dihafalkan. Jangan berpindah ke materi baru jika materi ini belum hafal seluruhnya. Pilih materi yang mudah untuk dihafal terlebih dahulu agar tidak terlalu lama.

Catat Kembali yang Sudah Dihafal

Hal ini dilakukan dengan cara menuangkan semua yang diingat ke dalam kertas dan jangan sampai mengintip catatan asli. Hindari hal itu, karena akan membuat ingatan Anda tidak bisa semakin kuat terhadap materi yang sedang dipelajari. Catat semua yang dihafal, bukan yang dibahas. Hanya menghafal sebatas yang mampu dihafalkan dan lakukan hingga hafal semua.

Cukup Istirahat dan Makanan Bergizi

Otak juga perlu asupan untuk melatih kerjanya. Belajar juga perlu nutrisi agar mudah diterima. Perut yang lapar, akan sulit dalam menerima materi baru, terlebih jika itu menghafal. Meskipun hafal, hal itu akan cepat menguap karena otak butuh cukup energi untuk bisa menghafal dan menyimpannya dalam ingatan jangka panjang.

Beberapa teknik menghafal dengan cepat sudah disajikan. Anda bisa melakukan semuanya jika Anda ingin cepat menghafalnya. Pilih langkah yang sesuai untuk Anda juga bisa membuat Anda lebih cepat hafal. Kuncinya adalah rutin, maka Anda akan cepat hafal.

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (72)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post