Search

Cara Buat Linktree Mudah dan Gratis

post-title

Setiap sosial media memiliki halaman profile yang hanya dapat mencantumkan satu link atau tautan saja untuk diklik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan Linktree yang dapat digunakan untuk seluruh akses ke sosial media milik Anda. Simak selengkapnya untuk cara buat linkree yang mudah dan gratis disini.

Salah satu platform sosial media yang paling banyak digunakan saat ini yaitu Instagram, dimana Anda dapat mengunggah foto dan video agar dapat dilihat oleh pengikut Anda. Instagram memiliki fitur unik pada Insta Story yaitu Swipe Up, dimana pengguna dapat memasukkan satu link atau tautan. 

Namun, meletakkan satu link atau tautan saja mungkin kurang bagi pemilik bisnis online dengan banyak platform e-commerce dan website. Oleh karena itu, linktree hadir untuk menjadi sebuah solusi bagi para pemilik bisnis online agar dapat membuat satu link untuk semua platform sosial media. 

Apa Itu Linktree?

Linktree merupakan sebuah situs dimana pengguna dapat membuat sebuah link dengan mudah dan simple. Linktree berfungsi untuk mengarahkan pengunjung menuju seluruh halaman sosial media atau website melalui sebuah link. 

Linktree memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis online agar dapat meletakkan link website atau toko online mereka ke dalam profile sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, maupun e-commerce.

Linktree tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan versi berlangganan atau Pro. Pada versi gratis, pengguna dapat membuat link secara gratis namun dengan fitur-fitur yang terbatas. Sedangkan jika Anda menggunakan Linktree Pro maka Anda dapat mengakses semua fitur termasuk fitur khusus.

Jika Anda ingin menggunakan Linktree Pro maka Anda perlu membayar biaya berlangganan sebesar Rp 45.000 per bulan. Biaya berlangganan dapat dibayarkan langsung melalui Google Play dengan beragam metode pembayaran yang tersedia.

Biaya berlangganan untuk Linktree Pro sepadan dengan fitur dan kelebihan yang akan Anda dapatkan. Berikut ini beberapa kelebihan dari Linktree versi berbayar:

  1. Leep links
  2. Priority links
  3. Social icons
  4. Unlimited links
  5. Video links
  6. SMS links
  7. Newsletter email singup
  8. Link thumbnails
  9. Link scheduling

Namun jika Anda belum sanggup untuk membayar biaya berlangganan Linktree Pro, Anda tetap dapat membuat link atau tautan untuk bisnis Anda menggunakan Linktree versi gratis. Simak lebih lanjut untuk mengetahui cara buat Linktree untuk berbagai platform sosial media milik Anda.

Manfaat Linktree

Linktree dapat memberikan berbagai kemudahan tidak hanya untuk para pelaku bisnis, namun juga untuk para influencer, pengguna aktif sosial media, hingga kebutuhan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan Linktree.

1. Gratis

Bagi Anda yang menyukai segala sesuatu yang gratis, Anda perlu mencoba untuk menggunakan Linktree. Sebab layanan Linktree tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali jika Anda membutuhkan fitur khusus maka Anda dapat beralih ke versi Pro dengan membayar biaya berlangganan.

Linktree dalam versi gratis dapat digunakan untuk Anda yang baru memulai bisnis online, sehingga memudahkan Anda dalam hal promosi dan marketing. 

2. Mudah digunakan

Layanan Linktree sangat mudah digunakan untuk membuat link atau tautan dengan berbagai desain tampilan sesuai dengan keinginan. Anda dapat memasukkan beberapa link dari platform sosial media, mengatur tampilan, hingga menyesuaikan tata letak link sesuai kebutuhan. 

3. Memantau lalu lintas media sosial dengan mudah

Sebagai pemilik bisnis, kita perlu mengetahui statistik dari setiap postingan atau promosi yang sedang berjalan sehingga dapat mengevaluasi kinerja secara detail. Berkat adanya Linktree, Anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah pengguna yang telah mengklik tautan pada situs Anda.

Cara Membuat Linktree Untuk Akun Sosial Media

Cara buat Linktree sangat mudah dan gratis bagi para pengguna baru yang ingin mendapatkan link atau tautan dari Linktree. Terdapat beberapa tahapan dalam proses pembuatan tautan pada Linktree yaitu proses registrasi dan peletakan link pada platform sosial media.

Tahap Awal: Proses Registrasi Linktree

Tahap registrasi merupakan tahap awal untuk mendaftar sebagai pengguna pada situs Linktree. Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini untuk dapat melakukan registrasi secara mudah:

  1. Masuk ke halaman website Linktree di https://linktr.ee/
  2. Kemudian tekan tombol“Get Started For Free” sebagai proses pendaftaran akun
  3. Isilah kolom registrasi dengan memasukkan informasi alamat E-mail, Username, serta Password yang dibutuhkan pada saat mendaftar. Kemudian klik tombol Registrasi
  4. Selanjutnya, ketiklah nama Anda dan pilihlah kategori yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya pekerjaan atau bisnis. Jangan lupa untuk ceklis kolom “Im not a robot” untuk mengkonfirmasi bahwa Anda manusia. Lalu klik Continue
  5. Pilih versi Linktree yang Anda inginkan, Anda dapat memilih versi gratis atau versi berbayar. Kemudian klik Get Started.
  6. Selesai.

Pastikan untuk mengecek kotak masuk pada email Anda dan melakukan verifikasi email sehingga akun Linktree Anda dapat aktif dan bisa Anda gunakan dengan segera.

Cara Membuat Linktree

Tahapan kedua dalam proses cara buat Linktree yaitu membuat link untuk semua akses platform sosial media maupun website yang Anda miliki. Ikuti langkah mudah di bawah ini:

  1. Setelah proses registrasi berhasil, lanjutkan dengan mengubah profile pada pengaturan. Caranya Anda perlu login terlebih dahulu dengan email dan password yang telah Anda buat.
  2. Pilih menu Appearance untuk mengubah foto dengan klik tombol Pick an Image
  3. Masukkan juga judul profile pada kolom Profile Title, bila perlu tambahkan bio tentang Anda di kolom bio.
  4. Anda dapat mengubah tampilan pada halaman tautan Linktree dengan memiliki tema yang Anda suka
  5. Selanjutnya klik menu Links untuk membuat tautan
  6. Klik Add New Link, dan masukkan link platform sosial media atau website Anda, tambahkan juga judul untuk setiap link atau tautan yang Anda masukkan.
  7. Selesai.

Anda dapat memasukkan lebih dari satu link pada profile Linktree yang Anda miliki. Tidak hanya tautan untuk platform sosial media, Anda juga dapat memasukkan link untuk kontak pribadi seperti Line, WhatsApp, hingga alamat Email. 

Jika Anda menggunakan versi Pro, maka tidak ada batasan untuk jumlah link yang dapat Anda masukkan pada profile Linktree milik Anda. Selain itu, Linktree Pro menyediakan banyak pilihan tema yang lebih bagus dan bervariasi seusai dengan selera Anda.

Cara Meletakkan Linktree pada Profile Sosial Media

Ikuti langkah di bawah ini untuk meletakkan tautan Linktree pada akun sosial media Anda, salah satunya adalah Instagram:

  1. Pertama-tama, copy atau salin link yang tersedia pada profile Linktree Anda
  2. Selanjutnya, Login ke akun Instagram Anda
  3. Masuklah ke menu Profile
  4. Kemudian klik menu Edit Profile 
  5. Pada kolom Website, paste atau tempel tautan Linktree yang telah Anda salin
  6. Klik Submit dan selesai

Demikianlah cara buat Linktree yang mudah dan gratis untuk berbagai kebutuhan akses yang mudah ke semua platform sosial media Anda. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di situs kami.

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (68)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post