Search

Mengenal Sosok Sulianti Saroso, Foto Latar Google Tanggal 10 Mei 2023

post-title

Tertanggal 10 Mei 2023, foto latar Google menampilkan seorang sosok wanita yang menjadi pemberitaan hangat di dunia maya, ternyata sosok tersebut berasal dari Indonesia, yaitu Sulianti Saroso. 

Profil Sulianti Saroso

Sulianti Saroso adalah seorang dokter spesialis penyakit infeksi yang namanya diabadikan sebagai nama sebuah rumah sakit khusus penyakit tersebut di Jakarta . Ia lahir pada tanggal 17 Maret 1930 di Sibolga, Sumatera Utara dan meninggal dunia pada tanggal 11 Februari 2004 di Jakarta pada usia 73 tahun. Setelah menempuh pendidikan kedokteran di FKUI, beliau melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Public Health dari University of California pada tahun 1964. Kembali ke Indonesia pada tahun yang sama, ia ditunjuk sebagai Direktur Bagian Mikrobiologi Klinik di FKUI dan menjadi dokter pertama yang mendapatkan gelar spesialis penyakit infeksi di Indonesia pada tahun 1972.

Ia banyak berkontribusi dalam pengembangan ilmu penyakit infeksi di Indonesia, termasuk pencegahan dan penanganan pandemi. Nama Sulianti Saroso selain diabadikan sebagai nama rumah sakit di Jakarta, juga digunakan sebagai nama penghargaan dalam bidang mikrobiologi dan penularan penyakit di Indonesia.

Riwayat Pendidikan

Sulianti Saroso adalah seorang dokter spesialis paru dan konsultan pulmonologi yang terkenal di Indonesia. Dia lahir pada tanggal 30 November 1959 dan mengawali pendidikannya di SMA Kolese Loyola di Jakarta. Setelah lulus dari SMA, Saroso melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 1986. Kemudian, pada tahun 1996, dia memperoleh gelar doktor di bidang kedokteran dari Universitas Indonesia. Selanjutnya, Saroso melanjutkan studinya di luar negeri dan mendapatkan sertifikasi spesialis paru dari Royal College of Physicians di Inggris pada tahun 2000.

Pada tahun 2007, dia juga meraih gelar konsultan pulmonologi dari London School of Hygiene and Tropical Medicine. Riwayat pendidikan Saroso mencerminkan komitmennya untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas dirinya sebagai dokter spesialis paru dan konsultan pulmonologi yang handal di Indonesia.

Karir Profesional

Sulianti Saroso adalah sosok yang terkemuka dalam industri medis. Ia adalah dokter yang dihormati dan menjabat sebagai direktur Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso di Jakarta, Indonesia, yang dinamai sesuai namanya sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam bidang kedokteran. Sepanjang karirnya, Sulianti Saroso dikenal karena dedikasinya terhadap perawatan pasien dan komitmennya dalam memajukan penelitian medis. Ia memainkan peran penting dalam pengelolaan wabah SARS di Indonesia pada tahun 2003 dan sangat berperan dalam mengkoordinasikan respons negara terhadap pandemi H1N1 pada tahun 2009.

Warisan Sulianti Saroso tetap hidup melalui rumah sakit yang memakai namanya, yang terus memberikan layanan penting kepada pasien di Indonesia. Karirnya menjadi inspirasi bagi para profesional medis di seluruh dunia, dan kontribusinya dalam bidang kedokteran tidak akan segera dilupakan.

Rumah Sakit Sulianti Saroso (RSSS)

Rumah Sakit Sulianti Saroso (RSSS) merupakan Rumah Sakit Infeksi yang terletak di Jakarta Utara , Indonesia. Tujuan pembangunan rumah sakit ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terutama pada bidang infeksi dan penyakit menular. Dalam masalah kesehatan seperti pandemi Covid-19 ini, RSSS menjadi salah satu rumah sakit rujukan pemerintah dalam pengendalian dan penanganan pasien Covid-19 di Indonesia. Profil Sulianti Saroso sendiri adalah seorang dokter spesialis patologi klinik dan mikrobiologi yang bernama Rumah Sakit ini.

Sulianti Saroso juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan dedikasinya di bidang kesehatan, Profil Sulianti Saroso memberikan kontribusi besar bagi kesehatan masyarakat Indonesia, terutama dalam penanganan masalah infeksi dan penyakit menular.

Ruang Lingkup

Rumah Sakit Sulianti Saroso (RSSS) atau dikenal juga sebagai Rumah Sakit Infeksi Profesor Dr . Sulianti Saroso adalah salah satu rumah sakit rujukan nasional yang khusus menangani penyakit infeksi menular di Indonesia. Berlokasi di Jalan Baru Sunter Permai Raya Jakarta Utara, RSSS telah banyak berkontribusi dalam penanganan berbagai penyakit infeksi, termasuk dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang sedang merebak di seluruh dunia.Profil Sulianti Saroso, pendiri dari RSSS, juga merupakan seorang tokoh kesehatan yang sangat dihormati di Indonesia.

Beliau merupakan seorang dokter spesialis penyakit dalam yang banyak berkontribusi dalam pengembangan ilmu kedokteran dan pengembangan kesehatan masyarakat di Indonesia. Selain itu, beliau juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan pendidikan, termasuk pengembangan rumah sakit spesialis yang fokus pada penanganan penyakit infeksi menular.Dengan ruang lingkup yang luas, Rumah Sakit Sulianti Saroso (RSSS) menjadi salah satu institusi kesehatan terkemuka yang banyak membantu masyarakat dalam menangani penyakit infeksi menular dan mewujudkan visi dan misi untuk memajukan kesehatan masyarakat di Indonesia .

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (109)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post