Search

Tombol Pintas Keyboard Laptop yang Perlu Dicatat

post-title

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dikerjakan di laptop. Apa lagi buat Anda yang memang bekerja dengan menggunakan laptop, sehingga tidak perlu bolak-balik menekan tombol toolbar. Berikut tombol pintas keyboard laptop yang memudahkan Anda untuk menjalankan word dengan cepat. 

Tombol Pintasan dengan CTRL

  1. Tombol CTRL + C yang bisa digunakan untuk meng-copy atau menyalin item dari file word. Biasanya ini diperlukan saat Anda sedang membuat sebuah laporan. 
  2. Tombol CTRL + X fungsinya untuk meng-Cut atau memotong item yang diinginkan. Bisa berupa paragraf ataupun foto yang ada di dalam word. 
  3. Tombol CTRL + V bisa digunakan untuk mem-Paste item secara cepat. 
  4. Tombol CTRL + Z dapat membantu Anda untuk membatalkan suatu proses terakhir yang dikerjakan di word. Misalnya ada bagian editing yang ternyata jauh lebih bagus hasil sebelumnya maka Anda bisa menekan tombol pintas ini untuk kembali file yang sebelumnya. 
  5. Tombol CTRL + SHIFT yang ditekan sambil menyeret item digunakan untuk cara pintas ke item yang dipilih. 
  6. Tombol CTRL + RIGHT ARROW fungsinya untuk memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnya yang dibutuhkan. 
  7. Tombol CTRL + LEFT ARROW fungsinya untuk memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya yang diinginkan. Tombol pintas ini sangat membantu untuk Anda yang sedang mengetik cepat. 
  8. Tombol CTRL + DOWN ARROW berbeda lagi dengan tombol ini yang fungsinya untuk memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya. 
  9. Tombol CTRL + UP ARROW digunakan untuk memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya pada bagian file.

Tombol Pintasan dengan ALT

  1. Tombol ALT + Spacebar yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan menu sistem pada jendela aktif. 
  2. Tombol ALT + ENTER menjadi tombol pintas keyboard laptop untuk view properti item yang dipilih.
  3. Tombol ALT + F4 bisa digunakan secara pintas untuk menutup aplikasi yang diinginkan saat Anda sedang terburu-buru. Jadi semua program yang aktif akan keluar tanpa harus menunggu lama. 
  4. Tombol ALT + Spacebar dapat digunakan untuk membuka menu shortcut untuk jendela aktif saat Anda sedang mengerjakan file di laptop.
  5. Tombol ALT+PRT SCRN  digunakan untuk menyalin tampilan jendela aktif ke clipboard dengan praktis. 
  6. Tombol Alt + Tab bisa membantu Anda untuk beralih layar ke item yang terbuka. Tombol pintas ini sangat membantu saat Anda membuka banyak aplikasi sekaligus di laptop. 

Tombol Pintasan dengan Win

  1. Win + L: Mengunci layar yang bisa digunakan untuk mematikan atau membuat laptop menjadi mode sleep. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengunci layar dan hanya bisa dibuka dengan kata sandi. 
  2. Win + D: Menampilkan desktop yang merupakan tombol pintasan untuk menampilkan desktop secara cepat. 
  3. Win + C digunakan untuk membuka Cortana buat Anda yang menggunakan Windows 10.
  4. Win + Prtscn dapat menjadi tombol pintas untuk menyimpan screenshot. Di mana laptop Anda memang bisa melakukan tangkapan layar otomatis tanpa aplikasi. 
  5. Win + I merupakan tombol pintasan untuk membuka menu pengaturan di windows
  6. Win + X dapat digunakan untuk membuka menu tersembunyi dan Anda bisa melihat pop-up. Lalu bisa mengakses ke semua area penting dari sistem yang dibutuhkan. 

Tombol Pintasan dengan FN

  1. Fn + F2 adalah tombol pintasan yang dapat digunakan untuk ganti nama pada file atau folder.  Jika hanya tombol Fn nya saja yang ditekan fungsinya akan berbeda tergantung dari jenis laptopnya. 
  2. Fn + F5 bisa digunakan untuk refresh pada laptop. 

Anda bisa memilih tombol pintas keyboard laptop yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan. Semuanya disesuaikan lagi dengan laptop yang dimiliki karena beberapa tombol pintas akan berbeda berdasarkan brand dari laptopnya. Jadi cobalah untuk menggunakan tombol pintasan ini secara perlahan untuk pertama kalinya agar tidak merusak file yang dikerjakan. 

Tags:
Profile Picture of Ahmad Suriansyah

About author
Blogger - Asur85.com
View all posts (14)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post