Search

4 Jenis Sayuran yang Mengandung Gas dengan Rasa yang Lezat

post-title

Tentu saja ada beberapa jenis makanan yang memang membuat kita pernah atau menghasilkan gas lebih banyak. Terkadang makanan ini, jika dikonsumsi terlalu banyak akan mengganggu pencernaan kita. Secara langsung makanan ini punya zat yang yang membuat perut kita menghasilkan gas lebih banyak.

Pete Buat Perut Kita Kurang Nyaman

Pete membuat perut kita tidak nyaman jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Secara tidak langsung pete akan membuat perut kita menghasilkan gas. Ada baiknya jika Anda mengonsumsi pete kita tahu batas normal dalam mengonsumsinya agar tidak membuat kita tidak nyaman. Selain membuat gas di dalam perut, itu juga membuat air seni berbau khas.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi mengingat pete juga mempengaruhi ekskresi air seni. Walaupun peta yang memiliki manfaat, efek sampingnya juga perlu kita garis bawahi seperti bau yang menyengat pada saat bab dan juga buang air kecil. Sepertinya kita pernah mengalami mengonsumsi pete dan kemudian membuat nafas kita bau.

Jengkol Juga Membuat Perut Kita Tidak Nyaman

Salah satu sayuran lain yang punya zat untuk membuat perut kita menghasilkan gas adalah jengkol. Pesaing berat pete ini merupakan salah satu juara dalam penyebab produksi gas berlebihan di perut. Kelamaan produksi gas berlebihan di dalam perut akan membuat perut kita kembung secara terus menerus dan punya resiko maag lebih tinggi.

Risiko maag muncul ketika, fungsi dari lambung mulai terganggu akibat adanya zat dari jengkol dan pete. Walaupun hal tersebut tidak selalu terjadi apalagi pada konsumsi dalam jumlah yang sedikit, kita tetap perlu berjaga-jaga agar tidak sampai terserang maag. Kontrol atas konsumsi jengkol merupakan hal yang wajib kita lakukan mengingat efek samping jengkol.

Kangkung 

Kangkung merupakan salah satu sayur yang  terkenal sebagai salah satu sayuran yang memproduksi gas. Berbeda dengan jengkol dan pete produksi gas yang tidak terlalu berbau pekat tetapi, volume yang dihasilkan begitu banyak sehingga kita akan terus-menerus mengeluarkan gas dari saluran pencernaan kita. 

Kita tidak perlu terlalu khawatir karena itu hanya bisa terjadi ketika kita terlalu banyak mengonsumsi kangkung. Kita bisa bayangkan saat sedang meeting bersama bos tiba-tiba kangkung di dalam perut kita membuat kebisingan kebisingan yang destruktif, apakah kita akan bisa meng-handle kondisi seperti itu? Tentu saja mungkin tapi kecil kesempatan.

Tentunya mengonsumsi kangkung secara berlebihan akan buruk bagi perut dan juga bagi rekan-rekan sekamar ataupun sekantor kita. Kalau kita tidak memperhatikan porsi dalam kita mengonsumsi sesuatu kita bisa saja terjebak di dalam kondisi yang membuat rugi diri kita sendiri. Perlunya self control akan segala sesuatu adalah kunci untuk menjaga kesehatan.

Daun Lumbu

Sayur daun lumbu biasanya bisa kita temui di daerah Jawa Tengah. Memang rasanya yang enak membuat banyak orang sangat suka mengonsumsinya. Tapi ada beberapa kekurangan yang ikut di dalam daun lumbu ini. Biasanya ketika orang terlalu banyak mengonsumsi daun lumbu dia akan membuang gas sembarangan.

Selain bisa menyebabkan gatal di lidah jika mengolahnya tidak benar dahulu akan menyebabkan perut kita menghasilkan gas. Meski itu hanya terjadi saat kita Terlalu banyak mengonsumsi daun lumbu, jika kita hanya mengonsumsinya sedikit tidak mungkin kita akan terus-terusan membuang gas. Gangguan pada perut biasanya lahir karena jenis sayuran ataupun cara memasak yang salah.

Sangat banyak sayuran yang memproduksi gas di dalam tubuh, tapi tenang saja karena itu semua hanya akan terjadi saat kita terlalu banyak mengonsumsinya. Akan tetapi kita juga perlu mengawasi dan mengontrol konsumsi sayuran yang mengandung gas. Hal itu tentu perlu kita pikirkan demi orang-orang di sekitar kita.

Tags:
Profile Picture of Maulinda

About author
Teacher & Counselor
View all posts (23)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post