Search

Jenis-Jenis Kecap dan Kegunaannya dalam Masakan

post-title

Bagi beberapa orang, kecap merupakan komponen yang harus ada saat memasak bahkan saat ingin makan. Rasa pada kecap membuat masakan jadi lebih enak meskipun masakan yang dihidangkan hanya sederhana. Sebut saja bakso gerobak keliling. Meskipun bahan hanya daging digiling dan kuah yang dibumbui, namun jika hidangan ini dibumbui dengan jenis-jenis kecap, akan terasa lebih nikmat.

Kegunaan Kecap Berbahan Organik dalam Masakan

Selama ini yang familiar di kehidupan kita hanya ada dua jenis kecap, kecap manis dan kecap asin. Kita akan lebih luas pengetahuan memasaknya jika mengenali berbagai macam kecap. Pengetahuan tentang jenis-jenisnya, akan  membuat  masakan kita lebih beragam. Kegunaan setiap jenis kecap berbeda. Kenali jenis-jenis kecap dan kegunaannya berikut ini.

Kecap Asin

Tidak jarang orang yang hanya mengenal satu jenis kecap. Kecap asin terbuat dari fermentasi kacang kedelai hitam yang dicampur bermacam rempah dengan porsi garam lebih banyak. Banyaknya porsi garam ini yang membedakan kecap ini memiliki rasa asin. Kegunaan dari kecap asin ini dapat digunakan sebagai pengganti garam dan gula sekaligus juga sebagai pewarna makanan.

Kecap Manis

Jenis kecap ini yang paling banyak diminati orang karena rasanya yang manis serta terkemas dengan berbagai ukuran sehingga banyak pilihan sesuai kebutuhan. Kecap dengan bahan sama dengan kecap asin namun memiliki porsi garam yang sedikit ini membuat kecap terasa lebih manis. Kecap ini biasa digunakan untuk bumbu masakan atau dituangkan saat hendak makan.

Kecap Ikan

Umumnya kecap ini banyak dikenal orang yang berkecimpung tidak jauh dari  dunia perikanan baik nelayan, atau pengolahnya karena bahan  utama dari kecap ini adalah ikan. Ikan yang difermentasi ini akan diberikan banyak bumbu sehingga kecap ini memiliki rasa khas ikan. tidak hanya ikan, bahan bisa diganti dengan cumi, kerang, dan kecap ini digunakan untuk bumbu seafood.

Kecap Jamur

Kecap berbahan kedelai hitam ini akan ditambahkan ekstrak jamur, sehingga memiliki rasa khas jamur. Warna dari kecap ini lebih pekat, memiliki rasa yang hampir sama dengan kecap asin. Perbedaannya, kecap asin berwarna lebih terang dan lebih encer. Kegunaanya untuk pelengkap bumbu masakan atau hidangan.

Kecap Sambal

Pecinta makanan pedas pasti mengenal jenis kecap satu ini. Kecap berbahan kedelai dengan campuran cabai rawit ini memberikan rasa pedas manis pada kecapnya. Terdapat biji-biji dari cabai rawit yang akan membuat lidah terasa terbakar saat menyantapnya. Kecap ini biasa digunakan untuk pelengkap hidangan berupa lauk dengan cara dituangkan di atasnya dan kecap siap disantap.

Kecap Jepang

Kecap berbahan fermentasi gandum ini memiliki dua jenis. Jenis pertama yaitu Usukuchi dengan warna lebih terang dan aroma lebih ringan. Jenis lainnya yaitu Soyu dengan warna pekat dan aroma lebih tajam. Tekstur sama seperti kecap asin yang encer namun rasa dapat seperti kecap asin dan kecap manis. Kecap ini biasa disajikan dengan hidangan Sushi dan Sashimi.

Kecap Inggris

Kecap yang memiliki bahan berupa gula jagung, cuka, cabai, molase, bawang putih, bawang bombay, bawang merah, asam jawa, anchovy, cengkeh. Kecap ini sering digunakan untuk bumbu masakan berbahan dasar daging. Rasa asin dan aroma yang harum dari kecap ini pas digunakan untuk pelengkap makanan berdaging. Terlebih jika pengolahannya dengan dibakar.

Telah disebutkan jenis-jenis kecap beserta kegunaannya. Sekarang Anda lebih banyak inspirasi dalam memasak dengan menggunakan kecap. Cobalah beberapa kecap diatas untuk menambah cita rasa dan aroma dalam masakan Anda.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (78)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post