Search

6 Manfaat Berkeringat untuk Kesehatan

post-title

Berkeringat adalah cara tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu sekitar. Misalnya saat musim panas atau berolahraga, tubuh lebih sering mengeluarkan keringat sebagai upaya mendinginkan tubuh. Selain menyesuaikan suhu badan dengan lingkungan sekitar, berkeringat juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan, berikut ini lima manfaat berkeringat. 

1. Membuang racun dalam tubuh

Selain mendinginkan badan, keringat juga menjadi cara untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Dalam setetes keringat tak hanya mengandung cairan namun juga senyawa lain termasuk logam seperti kadmium, aluminium, dan mangan yang beracun apabila tidak dikeluarkan dari tubuh melalui keringat. 

2. Menyehatkan kulit 

Banyak yang menyebut bahwa dengan berolahraga bisa membuat kulit terlihat segar dan wajah lebih cerah. Hal ini dikarenakan kotoran-kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori kulit ikut terdorong keluar oleh keringat. Sehingga pori-pori akan terbuka dan kulit menjadi lebih cerah dan bersih. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat ini pastikan keringat yang keluar dari dalam tubuh tidak berlebihan. Karena jika berlebihan malah akan menimbulkan jamur, eksim dan penyakit kulit lainnya. Sebaiknya, saat berolahraga Anda mengkonsumsi kafein seperti teh dan kopi yang mampu memicu produksi minyak berlebih dalam tubuh. 

3. Mengurangi stres

Manfaat berkeringat lainnya ialah menurunkan tingkat stres dan menaikan suasana hati juga mood. Suhu panas dalam tubuh usai berolahraga atau sauan mampu melepaskan hormon endorfin atau senyawa kimia lainnya yang berguna untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres. 

4. Mengurangi risiko penyakit batu ginjal 

Berkeringat mampu membantu mengeluarkan kadar garam berlebih dalam tubuh dan meningkatkan kadar kalsium pada tulang Anda. Mengeluarkan kadar garam berlebih ini juga mampu mengurangi risiko terkena penyakit batu ginjal. 

Terlebih ketika berkeringat, Anda akan merasa haus dan meminum banyak air. Meminum banyak air mampu menyehatkan kinerja ginjal. Olahraga dengan berjalan kaki selama 1 jam setiap hari dirasa mampu mengurangi risiko terjadinya pembentukan batu ginjal. 

5. Melancarkan sirkulasi darah 

Berkeringat yang dikarenakan berolahraga, mampu meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Sebab, jantung akan bekerja lebih cepat untuk memompa darah dan memberikan efek kesehatan yang baik untuk tubuh.

6. Mencegah asma

Siapa sangka, bahwa berkeringat mampu mengurangi risiko terjangkit penyakit asma. Penelitian yang dilakukan di University of Michigan menyebut bahwa mereka yang rajin berolahraga, risiko terjangkit penyakit asma yang diakibatkan oleh aktivitas fisik.

Ilmuan dari universitas tersebut mengindikasi bahwa mereka yang jarang berkeringat, jarang menangis atau jarang meludah cenderung lebih rentan terkena gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan oleh jumlah cairan yg terlalu sedikit di bagian saluran udara, tempat keluar masuknya udara dari dan dalam tubuh. 

Agar mudah berkeringat setiap hari, Anda perlu meningkatkan intensitas olahraga Anda sehingga suhu tubuh meningkat dan memicu kelenjar keringat untuk memproduksi cairan lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan sauna atau duduk di ruangan dengan suhu panas tinggi sehingga memicu kelenjar keringat untuk mengeluarkan cairan lebih banyak. 

Menggunakan baju berlapis atau berbahan seperti parasut juga bisa memicu meningkatnya suhu badan dan produksi keringat lebih banyak. Apabila cara-cara tersebut belum juga berhasil, Anda bisa menambah waktu berolahraga Anda menjadi lebih lama dari biasanya. 

Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahwa setiap kali Anda berkeringat maka cairan dalam tubuh Anda akan berkurang sehingga harus diimbangi dengan banyak minum air putih 2 liter sehari untuk menjaga tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Sehingga manfaat berkeringat bisa Anda rasakan secara maksimal dalam tubuh.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (78)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post