Search

4 Perbedaan Google Camera dan Camera Biasa

post-title

Sebenarnya perbedaan Google Camera dan tidak itu cukup banyak. Meski begitu, kamera besutan Google ini memang punya kelebihan. Meski hanya sekadar aplikasi hasil jepretannya sangat berbeda dengan kamera biasa. Perlu diingat kamera dari Google ini tidak dapat digunakan di sembarang ponsel atau smartphone. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada smartphone tertentu.

Gambar Lebih Jernih

Satu hal yang membuat kamera Google sangat diminati yakni kejernihan foto. Sebuah foto yang standar akan memiliki hasil berbeda dari kamera Google. Kalau kita mau melirik sedikit kita juga perlu mempertimbangkan resolusi cari kamera secara fisik. Namun ketika kita bandingkan secara head to head dua kamera yang sama besarnya hasilnya juga tetap berbeda.

Gambar yang bersih merupakan ciri khas dari kamera Google, jernihnya gambar ini didapat dari ketajaman yang tepat dan juga titik pengambilan fokus yang maksimal. Tentunya sebuah gambar akan menjadi blur ketika pengambilan titik fokusnya tidak tepat. Untuk itulah dibutuhkan aplikasi yang cukup pintar untuk menemukan titik fokus yang sesuai.

Apabila titik fokus ini kita atur secara manual maka hasilnya mungkin saja dapat lebih bagus, namun pada kamera Google  fokus biasanya diatur oleh aplikasi. Hal itu membuat titik yang maksimal bisa didapatkan dengan mudah. Tentu sebuah foto yang memiliki resolusi yang tinggi dan ditambah dengan pengambilan yang tepat pasti akan menjadi foto yang bagus.

Color Balancing Tanpa Lawan

Kalau mau bicara jujur, warna hasil foto kamera Google memang tidak ada lawannya. Hasil warna yang didapatkan vibrant tapi tidak terlalu norak. Memang sedikit kakak mencolok Namun kita bisa mengubahnya melalui aplikasi snapseed untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Hasil foto yang norak biasanya kita dapatkan dari aplikasi kamera yang kurang bagus.

Dengan aplikasi Google ini, kita akan mendapatkan warna yang pas. Tentu saja terkadang ini tidak sesuai dengan selera pemilik foto paling tidak kebanyakan orang akan setuju bila kamera Google dikatakan sebagai salah satu aplikasi dengan hasil warna terbaik. Mengingat Anda yang tidak terdapat pada seluruh ponsel, maka wajar saja bila jarang orang yang melakukan review.

Tapi kamera Google, secara tidak langsung dapat kita miliki dengan cara melakukan root terhadap ponsel kita. Hal ini tentu beresiko tinggi mengingat root adalah salah satu cara untuk menggagalkan asuransi dari ponsel. Pastinya banyak orang yang berharap untuk bisa menikmati kamera Google sayangnya tidak semua orang seberuntung itu.

Mode Malam yang Cantik

Pada aplikasi ini juga terdapat mode malam. Mode ini dapat kita nikmati atau kita aktifkan ketika kita berada di ruang yang minim cahaya. Hasil dari kamera mode malam biasanya memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibandingkan mode biasa. Kalau kita bilang bahwa mode malam dari kamera Google tidak jauh beda dengan aplikasi biasa, tentu kita sangat salah.

Hasil mode malam dari kamera ini patut diacungi jempol. Tingkat kecerahan yang dihasilkan sangat low profile. Tapi hal itu tidak membuat hasil fotonya pucat. Justru dengan tingkat kecerahan yang diberikan oleh aplikasi Google hasilnya begitu memuaskan menurut para pengguna kamera ini. Tidak terlalu cerah tapi juga tidak membunuh kontras secara signifikan.

Hanya Ada Pada Ponsel Tertentu

Kalau kita bicara perbedaan tentu ini salah satu perbedaan yang sangat signifikan. Aplikasi kamera Google hanya bisa dinikmati pada Google pixel 1 hingga 4 ataupun beberapa ponsel dengan OS Android One. Itu semua memang sengaja dilakukan oleh Google demi menjaga orisinalitas dan juga new environment untuk menyayangi Apple. 

Dengan hanya dimiliki oleh beberapa ponsel, itu membuat aplikasi dari Google ini sulit untuk dibandingkan. Hal tersebut jelas karena kita tidak bisa membandingkan dua ponsel dengan dua nasib dan nasab yang berbeda. Secara tidak langsung semua perbandingan antara Google Camera dan tidak terkesan tidak sebanding.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (109)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post