Search

5 Aplikasi Rekam Layar untuk PC yang Ringan dan Mudah Digunakan

post-title

Terkadang kita membutuhkan aplikasi rekam layar untuk PC. Biasanya orang yang menggunakan ini adalah para Youtuber ataupun konten kreator yang sedang membuat konten. Akan tetapi banyak juga orang yang membutuhkan aplikasi semacam ini, kita tidak terlalu mengetahui aplikasi apa saja yang bisa kita gunakan.

Ada Banyak Pilihan Aplikasi

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk merekam layar pada PC. Aplikasi open source biasanya mendominasi dalam pilihan software ini. Biasanya aplikasi open source itu tumbuh dan berkembang dalam environment Linux tapi karena ini open source itu juga dapat dijalankan pada Windows.

Banyak brand besar yang mulai terjun ke dalam software model rekam layar ini. Mari kita sebut salah satunya X-Stream software ini bekerja dengan baik di Windows namun dia merupakan salah satu software berbayar. Walaupun service dari software ini dapat dikatakan baik, tetap saja ongkos bulanan yang perlu kita keluarkan tidak sedikit.

Ketika kita menggunakan jasa dari software open source kita tidak perlu membayar apa-apa. Hal tersebut karena pihak software memang tidak mengambil keuntungan dari layanan yang mereka berikan. Namun kita tidak boleh menutup terlalu banyak karena memang ini merupakan project komunitas yang bebas digunakan oleh siapa saja.

OBS Studio

Ini merupakan salah satu software paling banyak digunakan hingga saat ini. Ukuran dari software yang kecil dan pengoperasian yang terbilang cukup ringan membuat software ini sangat diminati oleh para pengguna. OBS dapat digunakan untuk merekam layar PC dan juga melakukan streaming secara langsung.

Tentu saja bagi para youtuber ataupun content creator software ini sangat memudahkan kinerja mereka. Namun, ada beberapa kekurangan dari opsi yakni fiturnya yang tidak terlalu lengkap membuat seperti ini terkadang keras ataupun tidak cukup memenuhi kebutuhan. Wajar saja karena ini merupakan software open source yang dibuat oleh para komunitas videografer.

Bandicam Screen Recorder

Bandicam tergolong salah satu software yang berbayar. Walaupun mereka juga menyediakan versi gratis namun itu sama sekali tidak mencukupi kebutuhan. Bahkan dapat dibilang software ini hanya menyediakan percobaan untuk versi gratisnya. Ada banyak keuntungan dari software ini seperti kita dapat merekam layar dengan format mp4.

Terdapat juga fitur real Time voice record. Namun itu semuanya bisa kita dapatkan dengan versi premium. Jika Anda menggunakan versi gratis maka yang akan Anda dapatkan adalah sebuah video dengan watermark dan juga hanya memiliki durasi 10 menit paling lama. Tentu saja itu tidak mencukupi bagi sebuah software untuk konten.

EZvid.com

Ezvid merupakan salah satu software yang banyak digunakan karena ini gratis. Tentu saja performa yang tidak terlalu bagus seperti banyak software lain. keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan software ini adalah kita dapat melakukan direct upload ke YouTube. Tapi karena ini gratis maka ada beberapa konsekuensi yang harus kita hadapi.

Hal pertama adalah software ini hanya mampu merekam hingga 45 menit saja. Hal lain seperti setting dan juga kostumisasi tidak tersedia dalam software ini. Namanya juga software gratis jadi kita tidak bisa menutup terlalu banyak untuk mendapatkan sesuatu. Paling tidak dengan software ini kita bisa melakukan direct upload di YouTube dan itu sudah cukup membantu.

Itulah beberapa software yang dapat kita gunakan sebagai aplikasi rekam layar untuk PC. Memang beberapa software menawarkan fitur premium karena mereka merupakan perusahaan yang mencari keuntungan dari layanan mereka. 

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (68)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post