Search

Apple Music dan Spotify, Apa Bedanya?

post-title

Hampir setiap orang pernah mendengarkan dan tidak sedikit yang menyukai musik. Nah, untuk Anda yang suka dengan musik tentunya sudah tahu apa itu Apple Music dan Spotify. Kali ini akan dibahas informasi lengkap seputar perbandingan Apple Music dan Spotify lho. Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Perpustakaan Lagu

Perbedaan pertama yang ada pada Apple Music dengan Spotify terletak pada perpustakaan lagunya. Jika di Apple Music Anda bisa mendengarkan semua lagu yang ada di perpustakaan iTunes. Maka lain halnya dengan Spotify. Di Spotify Anda akan sulit menggunakan hal ini. Karena itu, jika dilihat dari perpustakaan musik, maka Apple Music jauh lebih unggul dibandingkan dengan Spotify. 

Penemuan Musik atau Music Siscovery

Di Apple Music, Anda bisa menemukan musik dengan sangat mudah. Bahkan, pada saat baru saja masuk Anda bisa langsung memilih genre mana yang akan dicari. Anda juga bisa menambahkan penyanyi secara manual lho. 

Sedangkan pada Spotify akan membuat Anda merasa bahwa aplikasi ini hanya untuk Anda seorang. Hal ini karena terdapat fitur discover weekly yang membuat Anda bisa membuat daftar putar mingguan dengan jenis lagu yang disukai. 

Kompatibilitas atau Kecocokan

Salah satu hal yang dimiliki oleh Apple Music dan tidak dimiliki oleh Spotify adalah dalam hal dukungan ekosistem Apple. Dengan dukungan ini ternyata dapat memudahkan para pengguna gawai dari Apple lho. 

Anda bisa langsung mengunduh daftar putar menuju ke Apple Watch. Bahkan, ia juga bisa diputar ada homepod Apple. Selain itu, Spotify juga bisa terintegrasi dengan Smartphone berbasis Android lainnya. Kemudahan dalam Menggunakan Aplikasi

Perbandingan lain yang dimiliki oleh kedua aplikasi ini adalah dalam hal cara menggunakannya. Untuk Apple Music sendiri memiliki tampilan yang sangat bagus dan terlihat sederhana. Namun, dibalik penampilan yang dimiliki ternyata membuat aplikasi ini terlihat kosong.

Tidak hanya itu saja, ada ruang yang tidak terpakai dan berwarna putih polos dan luas. Hal ini membuat tampilannya hanya seperti sebuah database yang ada musiknya. Namun, terlepas dari kekurangan dalam hal desain, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah untuk menemukan musik di perpustakaan. 

Tidak hanya itu saja, bahkan saat Anda sedang mengunduh lagu dan ingin menutup aplikasi, maka nantinya yang muncul di layar adalah lagu yang sedang Anda unduh. Hal inilah yang membuat pengguna masih bisa mengetahui apakah lagu dalam keadaan terunduh atau tidak. 

Sementara itu, Spotify ternyata memberikan desain yang jauh lebih hangat. Aplikasi ini menggunakan tema yang gelap sehingga tidak terlalu menyilaukan mata. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa menemukan banyak musik baru. 

Adapun satu-satunya kekurangan yang dimiliki oleh Spotify adalah dalam hal perpustakaan. Tidak hanya itu, Spotify juga tidak akan menampilkan proses pengunduhan di layar belakang logo. Oleh karena itu, Anda harus tetap membuka aplikasi pada saat melakukan pengunduhan. 

Jika melihat perbandingan Apple Music dan Spotify, manakah yang lebih unggul. Jawabannya adalah Spotify. Mengapa demikian? Sebab, Spotify bisa digunakan dimana saja dan tidak hanya ada Apple saja. 

Ia juga memiliki fitur yang jauh lebih banyak yang membuat para pengguna lebih kreatif saat mendengarkan musik. Selain itu, desainnya juga jauh lebih bagus dan tidak menyilaukan mata. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Spotify jauh lebih unggul namun kembali lagi ke selera dan pendapat masing-masing user.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (109)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post