Search

Cara Menghitung Asupan Kalori Harian bagi Tubuh

post-title

Tubuh membutuhkan asupan kalori dalam jumlah tertentu. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui besarnya asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap hari. Berikut akan dibahas cara menghitung asupan kalori harian bagi tubuh agar tubuh Anda mendapat jumlah kalori yang tepat setiap harinya.

Ukur Tinggi Badan

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung pada banyak faktor salah satunya adalah tinggi badan. Untuk mengetahui jumlah asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, Anda harus tahu tinggi badan Anda terlebih dahulu. Lakukan pengukuran tinggi badan dengan cara yang tepat.

Timbang Berat Badan

Setelah mengukur tinggi badan, timbanglah badan Anda untuk mengetahui berapa berat badan Anda saat ini. Berat badan menjadi salah satu faktor yang akan menentukan besarnya jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Pastikan Anda menimbang menggunakan timbangan yang akurat.

Pahami Aktivitas Fisik Anda

Selain tinggi badan dan berat badan, kebutuhan kalori juga sangat dipengaruhi oleh aktivitas fisik harian seseorang. Sebelum menghitung jumlah asupan kalori yang dibutuhkan tubuh, pahami dulu seperti apa aktivitas Anda. Anda harus bisa menilai sendiri seberapa berat aktivitas fisik yang Anda lakukan setiap hari.

Bagi pekerja yang menggunakan tenaga fisik seperti kuli bangunan, tentu membutuhkan asupan kalori yang lebih besar. Hal ini penting untuk diperhatikan karena tidak sedikit orang yang mendapat asupan kalori terlalu besar. Mereka tidak paham kalau aktivitas tubuh mereka tidak membutuhkan asupan kalori sebesar itu.

Metode Harris-Benedict

Ada dua cara yang biasa digunakan untuk menghitung asupan kalori bagi tubuh. Cara menghitung asupan kalori yang pertama adalah memakai rumus Harris-Benedict. Berikut cara perhitungan asupan kalori memakai rumus Harris-Benedict :

Pria : 66,5 + 13,8 x berat badan + (5 x tinggi badan)

Wanita : 655,1 + 9,6 x berat badan + (1,9 x tinggi badan)

Hasil perhitungan dikalikan aktivitas fisik (1,2 untuk aktivitas rendah, 1,3 untuk aktivitas sedang, dan 1,4 untuk aktivitas berat)

Metode Rumus WHO

Selain menggunakan rumus Harris-Benedict, Anda juga bisa menghitung asupan kalori harian bagi tubuh dengan menggunakan rumus dari WHO. Rumus dari WHO tidak menggunakan tinggi badan namun menggunakan data usia dan berat badan. Berikut adalah cara menghitung asupan kalori menurut WHO :

Pria usia 18-29 tahun : 14,7 x berat badan + 496

Wanita usia 18-29 tahun : 15,3 x berat badan + 679

Hasil yang didapatkan kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik.

Menggunakan Aplikasi

Selain menghitung asupan kalori secara manual, Anda juga bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori. Saat ini ada beberapa pilihan aplikasi penghitung kalori yang bisa membantu Anda mendapatkan angka kebutuhan kalori secara akurat. Anda hanya perlu memasukkan data-data yang dibutuhkan.

Menjaga Asupan Makan

Setelah mengetahui jumlah asupan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari, pastikan Anda memenuhinya dengan baik. Jaga asupan makan Anda agar bisa sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan. Perhatikan berapa kalori yang sudah Anda konsumsi setiap hari agar tidak kurang maupun berlebihan.

Menghitung asupan kalori harian sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Jika jumlah kalori yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah kalori yang diterima maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Selain menjaga asupan makanan, jangan lupa terapkan gaya hidup sehat lainnya. 

Itulah cara menghitung asupan kalori harian bagi tubuh. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan jumlah kalori Anda sudah sesuai. Jika saat ini jumlah kalori Anda jauh lebih tinggi dari kebutuhan, maka olahraga bisa jadi solusi untuk mengatasinya.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (81)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post