Search

Inilah Aturan Minum Susu Sapi Murni yang Tepat

post-title

Beragam jenis susu yang ada pada umumnya berasal dari hewan yang memproduksi susu maupun dari tumbuhan seperti kedelai. Manfaat susu bagi kesehatan manusia tentunya sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Tetapi jangan salah, untuk memperoleh manfaat yang baik tidak dianjurkan minum susu secara sembarangan. Inilah aturan minum susu sapi murni yang harus Anda ketahui.

Waktu Minum Susu

Susu adalah salah satu sumber gizi bagi tubuh manusia. Berbagai kandungan nutrisi di dalam susu seperti vitamin, kalsium, dan fosfor sangat diperlukan oleh kesehatan tubuh manusia untuk menjaga fungsi organ tubuhnya. Salah satu jenis susu adalah susu sapi. Aturan minum susu bagi anak-anak dan orang dewasa adalah berbeda.

Susu bisa dikonsumsi kapan saja. Kebanyakan orang pada umumnya terbiasa minum susu di pagi hari saat sarapan dan juga di malam hari sebelum tidur. Beda halnya untuk anak-anak sebaiknya hindari memberikan susu pada saat mendekati waktu makan. Menurut pakar gizi hal tersebut akan membuat anak menjadi tidak nafsu makan karena sudah kenyang minum susu.

Baik susu murni maupun susu olahan minumlah susu sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu Anda ketahui waktu ideal untuk mendapatkan manfaat yang efektif dari minum susu yaitu dua jam sebelum makan atau dua jam sesudah makan. Hal tersebut bertujuan agar nutrisi yang terkandung di dalam susu bisa terserap sempurna dalam tubuh manusia. Walaupun demikian, mengkonsumsi susu sapi murni tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah. 

Pilih Susu Sapi Murni yang Layak Konsumsi

Susu sapi murni adalah salah satu jenis susu yang lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari dibandingkan susu yang sudah diolah dengan campuran bahan makanan yang lainya. Susu murni mengandung lemak sehat yang cukup sehingga dapat menjaga berat badan apabila mengkonsumsi dalam jumlah yang seimbang.

Seperti yang sudah diketahui, susu sapi murni adalah susu yang belum diolah. Anda harus bisa membedakan susu yang aman dan layak dikonsumsi dan susu yang tidak layak konsumsi. Pilihlah susu murni yang berasal dari peternakan sapi yang memiliki stAndar pemeliharaan sapi yang sehat dan benar. Anda wajib mengetahui aturan minum susu sapi murni yang tepat.

Jangan sampai Anda salah mengonsumsi susu sapi murni. Susu sapi murni yang berkualitas baik memiliki rasa yang asin dan cenderung tidak manis. Susu sapi murni yang memiliki tekstur gumpalan sebelum diminum menAndakan bahwa susu tak layak untuk dikonsumsi. 

Selain dari segi rasa dan tekstur aroma susu yang khas dan creamy menandakan bahwa susu masih layak dikonsumsi. Susu sapi murni yang baunya sudah sedikit asam lebih baik tidak dikonsumsi. Pastikan susu sapi murni yang akan dikonsumsi bersih terbebas dari kotoran seperti bulu atau darah sapi dan juga kotoran yang lainnya.

Perhatikan Penyimpanan Susu Sapi Murni

Susu termasuk dalam golongan minuman yang mudah basi sehingga Anda harus menyimpan susu dengan cara yang tepat. Untuk menjaga agar susu sapi murni bisa tahan lama Anda perlu memasak susu terlebih dahulu sebelum disimpan karena susu sapi murni segar tidak mengandung pengawet sehingga lebih mudah rusak.

Sediakan botol atau wadah tertutup untuk menyimpan susu. Susu bersifat mudah menyerap aroma atau bau yang ada di sekitarnya. Apabila Anda menyimpan susu dalam keadaan terbuka maka akan membuat susu tercemar dengan kotoran atau bau makanan lainnya. Menyimpan susu dalam botol atau wadah tertutup membantu untuk menjaga rasa sekaligus aroma yang dimiliki susu sapi murni.

Tak hanya untuk tujuan mengenyangkan perut, agar  Anda mendapatkan manfaat yang baik dari mengkonsumsi susu sapi murni, itulah aturan minum susu sapi murni yang tepat.

Tags:
Profile Picture of Maulinda

About author
Teacher & Counselor
View all posts (23)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post