Search

Manfaat dan Bahaya Infus Vitamin C yang Harus Anda Ketahui

post-title

Tubuh kita perlu mengonsumsi Vitamin C jika ingin daya tahan meningkat, selain mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang mengandung vitaminC, Anda bisa melakukan Infus vitamin C, dengan cara memasukkan Vit. C ke dalam tubuh melalui pembuluh darah vena. Prosedur ini biasanya dilakukan apabila Anda membutuhkan dosis vitamin C dalam jumlah yang banyak. 

Indikasi Pemberian Vitamin C Lewat Infus 

Pemberian vitamin C melalui pembuluh darah vena biasanya dilakukan apabila Anda mengalami kekurangan vitamin C yang menyebabkan daya tahan tubuh Anda terganggu dan menyebabkan kerusakan di beberapa jaringan  tubuh. 

Vitamin C juga dapat diberikan apabila Anda mengalami gangguan penyerapan zat besi yang dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Akhir-akhir ini suntik vitamin C juga populer di kalangan para wanita karena vitamin C dipercaya mampu mencerahkan kulit dan membuat kulit menjadi cantik. 

Suntik vitamin C dilakukan para wanita bertujuan untuk memecah melanin di dalam tubuh. Terhambatnya melanin akan membuat pigmen kulit menurun sehingga membuat kulit berwarna terang. 

Manfaat Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Beberapa tahun belakangan, vitamin C populer di kalangan para wanita untuk mencerahkan kulit. Selain mencerahkan kulit ternyata vitamin C memiliki banyak manfaat lain. 

Manfaat vitamin C antara lain adalah untuk membantu tubuh menghasilkan protein yang berguna untuk pembentukan kulit, ligamen, otot dan pembuluh darah. Sehingga wajar jika Vitamin C menjadi alternatif untuk mempercepat penyembuhan luka. 

Selain itu vitamin C juga berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi dan memperbaiki dan mempertahankan tulang rawan, gigi dan tulang. Vitamin C sangat berguna untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dan berperan sebagai antioksidan yang menjaga tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan rokok.

Bahaya Pemberian Vitamin C Melalui Infus 

Pemberian vitamin C melalui infus umumnya tidak membahayakan. Namun, pemberian vitamin C dalam jumlah yang terlalu banyak tentunya akan memberikan risiko dampak buruk seperti infeksi. Infeksi dapat terjadi pada bekas suntikan oleh karena itu sebelum melakukan infus vitamin  C pastikan alat yang digunakan steril. 

Alergi juga bisa terjadi apabila Anda melakukan suntik pada saat imun Anda sedang rendah. Sebelum Anda melakukan suntik, sebaiknya konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter. Jika Anda memiliki imunitas yang rendah, melakukan infus vitamin justru akan membuat Anda alergi. 

Kerontokan rambut juga bisa terjadi apabila Anda terlalu banyak mendapatkan dosis vitamin C. Jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes sebaiknya Anda juga tidak melakukan terapi ini karena vitamin C akan meningkatkan kadar gula di dalam tubuh Anda.

Emboli juga mungkin terjadi karena pemberian vitamin C melalui infus. Jika ada udara yang masuk ke dalam selang infus, maka akan timbul gelembung udara dan bisa  masuk ke dalam pembuluh darah. 

Gelembung udara yang masuk ke pembuluh darah bisa sampai ke jantung atau paru-paru hal ini tentunya sangat berbahaya karena dapat menutup aliran darah. Jika sampai hal itu terjadi Anda bisa mengalami serangan jantung atau stroke.

Setelah melakukan infus vitamin, Anda juga bisa mengalami sakit kepala ringan atau pusing. Namun, Anda bisa menghindari kondisi ini dengan mengkonsumsi banyak cairan sebelum dan sesudah melakukan infus.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Infus 

Sebelum melakukan infus sebaiknya Anda melakukan cek fungsi ginjal Anda. Pemberian vitamin C untuk tubuh memiliki dosis tertentu, jika Anda mendapatkan dosis yang berlebihan itu akan membuat kinerja ginjal menjadi berat. 

Ginjal memiliki kapasitas untuk menyerap vitamin C, jika vitamin C yang diserap terlalu banyak akan menyebabkan kristalisasi dan risiko batu ginjal atau gagal ginjal. Nah maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui dosis vitamin C yang tepat untuk Anda 

Itulah beberapa manfaat dan bahaya melakukan infus vitamin C. Jika Anda berminat melakukan infus sebaiknya konsultasikan dahulu kesehatan Anda kepada dokter untuk menghindari risiko-risiko berbahaya. 

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (109)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post