Search

Ini 5 Ciri-Ciri Online Shop Penipu yang Perlu Diwaspadai

post-title

Berbelanja online memang menyenangkan. Selain praktis dan mudah, kini belanja online punya produk yang beragam. Namun, berbelanja online juga perlu waspada karena banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan melalui belanja online. Berikut ini ciri-ciri online shop penipu yang perlu Anda ketahui. 

1. Harga murah 

Untuk menarik pelanggan, online shop penipu biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga asli di pasaran. Misalnya, IPhon X yang normalnya berharga Rp20.000.000,- maka online shop penipu tersebut akan menjual ponsel seharga Rp3.500.000,-. 

Tentunya hal ini sangat tidak masuk akal jika dibandingkan dengan harga aslinya. Sudah bisa dipastikan online shop tersebut adalah penipu. Anda sebagai pembeli juga harus jeli melihat keanehan-keanehan pada online shop tersebut. Sehingga tidak tergiur dengan harga yang tak masuk akal. 

2. Testimoni

Para online shop penipu biasanya menjajakan barang dagangannya di sosial media seperti instagram, facebook atau website. Sebelum membeli, Anda harus memastikan apakah online shop tersebut memiliki testimoni pembeli? Jika ya, apakah testimoni yang diberikan itu asli? 

Maka untuk mengetahui asli atau palsu testimoni tersebut, Anda harus membacanya satu per satu. Testimoni pelanggan yang asli biasanya tidak menggunakan bahwa yang berlebihan seperti iklan. Contohnya, "Recommended banget belanja di toko ini. Bahannya bagus, kulit asli dan nyaman saat dipakai". 

3. Menonaktifkan kolom komentar

Kolom komentar jadi sarana bertransaksi antara penjual dan pembeli terutama ketika mereka menanyakan keunggulan produk yang dijual sebelum membeli. Namun, online shop penipu biasanya menonaktifkan kolom komentar karena menutupi sesuatu. 

Entah itu laporan para korban yang tertipu atau banyak komentar negatif mengenai keburukan produk yang dikirim. Sehingga sebelum membeli Anda harus waspada dan patut curiga jika online shop yang Anda kunjungi mematikan kolom komentarnya. 

3. Menonaktifkan kolom komentar

Kolom komentar jadi sarana bertransaksi antara penjual dan pembeli terutama ketika mereka menanyakan keunggulan produk yang dijual sebelum membeli. Namun, online shop penipu biasanya menonaktifkan kolom komentar karena menutupi sesuatu. 

Apakah itu laporan para korban yang tertipu atau banyak komentar negatif mengenai keburukan produk yang dikirim. Sehingga sebelum membeli Anda harus waspada dan patut curiga jika online shop yang Anda kunjungi mematikan kolom komentarnya. 

4. Berganti nama akun

Ciri-ciri online shop penipu selanjutnya ialah mereka kerap berganti-ganti nama akun. Untuk menghindari pencarian oleh korban-korban penipuan yang dilakukan oleh online shop tersebut, biasanya online shop penipu akan sering berganti-ganti nama akun. 

Namun, Anda tak perlu khawatir, Anda bisa melacak informasi username yang digunakan online shop penipu dengan cara klik tanda titik tiga pada bagian pojok kanan atas. Lalu klik pilihan 'About This Account' kemudian klik menu 'Former Usernames' maka username-username yang pernah digunakan oleh online shop penipu akan terlihat. 

5. Foto 

Untuk mengetahui apakah online shop itu penipu atau bukan, Anda juga bisa mengecek dari foto-foto yang digunakan. Biasanya para online shop penipu ini menggunakan foto-foto produk dari online shop lain untuk menarik minat pembeli. 

Tak jarang online shop penipu ini juga mengambil foto-foto dari selebgram. Anda bisa mengecek langsung foto yang diambil dari selebgram tersebut dan memastikan apakah barang yang tersebut benar-benar dibeli dari online shop incaran Anda. 

Selain itu, ciri-ciri online shop penipu lainnya bisa Anda cek melalui followers. Online shop penipu memiliki banyak followers namun tak sebanding dengan interaksi di akun tersebut. Interaksi ini bisa Anda lihat dari jumlah like dan komentar di setiap fotonya. 

Tags:
Profile Picture of Maulinda

About author
Teacher & Counselor
View all posts (19)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post