Search

5 Perbandingan Google Drive vs OneDrive

post-title

Google Drive dan OneDrive adalah perangkat penyimpanan dokumen pribadi yang sangat populer di masyarakat. Namun, apabila Anda masih ragu akan menggunakan yang mana, berikut 5 perbandingan Google Drive vs OneDrive.

1. Ruang Penyimpanan 

Google Drive memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB. Namun apabila 15GB dirasa kurang banyak bagi kebutuhan Anda, Anda bisa meng-upgrade ruang penyimpanan Anda menjadi 100GB yang dijual seharga Rp 269.000 per tahun. Sedangkan untuk ruang penyimpanan 30 TB atau 30.000 GB Anda perlu merogoh kocek Rp3.900.000 per bulan. 

Sedangkan pada OneDrive, memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB. Apabila ruang tersebut tidak mencukupi kebutuhan Anda, Anda bisa meng-upgrade ke premium. Pada OneDrive Premium ini, Anda diberikan pilihan yakni 50 GB dengan harga Rp 31.000,- /bulan atau paket Plus Office 365 Home sebanyak 5 TB (5.000GB) yang seharga Rp 119.999,-/bulan. 

2. Aplikasi Pendukung 

Pada aplikasi pendukung, Google Drive sudah dilengkapi dengan Google Doc yang memungkinkan Anda untuk menulis, mengedit, hingga membagikan dokumen kepada teman Anda. Sehingga lebih mudah dalam mengelola data-data penting Anda. Dan aplikasi ini dapat digunakan gratis. 

Selain itu, Google Drive juga telah dilengkapi dengan Google Photo yang mampu menyimpan galeri foto Anda dan membagikannya dengan orang lain. Tentunya hal ini jadi penunjang kemudahan Anda dalam bekerja. 

Sementara pada OneDrive, ditunjang dengan Office 365 yang dilengkapi berbagai aplikasi office seperti Word, Excel, Powerpoint, OneNote, Outlook, SharePoint dan lainnya. Sehingga memudahkan Anda dalam bekerja karena aplikasi yang memadai. 

3. Fitur-Fitur 

Google Drive vs OneDrive selanjutnya, akan membahas tentang fitur-fitur di dalamnya. Google Drive memiliki fitur-fitur populer semacam Youtube, Google search, yang tentunya canggih, mudah digunakan, dan sudah menjadi langganan banyak orang. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur PDF, Spreadsheet, Presentasi, Foto dan Gambar, hingga Video. 

Seakan tak mau kalah, OneDrive juga memberikan layanan fitur-fitur keren. Seperti tata letak dokumen yang mampu diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Hingga layout dan template yang menarik dan elegan. Navigasinya sederhana dan memungkinkan Anda mengakses banyak layanan seperti Word, Excel, Powerpoint, Onenote, Survei Excel.

4. Platform 

Google Drive bisa dibuka menggunakan berbagai jenis platform mulai dari MAC, OS Chrome, PC, iOS dan Android. Selain itu, Google Drive juga baru meluncurkan fitur terbaru yakni editing dan sharing file yang memudahkan Anda berbagi dokumen dengan partner Anda meski berada di benua yang berbeda. Google Drive terkoneksi langsung dengan Gmail sehingga secara otomatis, dokumen yang Anda tulis akan tersimpan di Google Document. 

Sedangkan pada OneDrive biasanya diakses melalui Dropbox, namun juga bisa menggunakan akses Google Drive yang disinkronkan ke penyimpanan Anda kemudian diakses melalui web atau perangkat lainnya. 

Onedrive merupakan produk dari Microsoft OneDrive yang merupakan layanan online Windows Live yang digunakan untuk menyimpan berkas-berkas pribadi dan membagikannya kepada orang lain.

5. Keamanan

Pada Google Drive, apabila Anda masuk menggunakan perangkat lain, maka diperlukan verifikasi sebanyak dua langkah untuk memastikan bahwa akun Anda berada di tangan yang tepat dan tidak disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. 

Sedangkan pada OneDrive, metode keamanannya dengan mengirimkan kode keamanan ke alamat email sekunder. Selain itu alamat email juga akan dikirimkan ke email ketika Anda menghubungkan komputer Anda saat meminta akses jarak jauh.

Itulah 5 perbandingan Google Drive vs OneDrive yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan pribadi Anda. Keduanya tentu memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. 

Tags:
Profile Picture of Maulinda

About author
Teacher & Counselor
View all posts (19)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post