Search

Ragam Manfaat Sup Ayam yang Tidak Kita Ketahui

post-title

Ketika lapar ataupun udara sedang dingin, pasti kita teringat kepada makanan yang hangat. Sup ayam merupakan salah satu makanan lezat yang sering kita santap setiap harinya. Kebanyakan dari kita hanya peduli pada rasanya yang nikmat dengan sentuhan khas MSG yang menggoda. Di sisi lain kita tidak menyadari tentang manfaat sup ayam.

Pilihan Tanpa Alternatif

Sup ayam sudah puluhan tahun menemani masyarakat Indonesia. Segudang manfaatnya jangan sampai cuma jadi cerita yang mengiringi sepak terjang sup ayam. Sedikit miris ketika sup ayam ini tak lagi mengandung ayam secara eksplisit. Kita justru mengganti ayam dengan MSG dengan dalih penghematan biaya produksi makan siang.

Secara tidak langsung sup ayam sudah termarjinalkan dari tengah menuju ke pinggiran masyarakat. Modernisasi sup ayam semacam ini memang butuh perhatian khusus. Kita masih menyebut sup MSG sebagai sup ayam. Walaupun pada dasarnya sup yang kita anggap sup ayam tidak memiliki substansi pokok sebagai sup ayam.

Zaman dahulu, nenek kita menyiapkan sup ayam sebagai sarapan yang tak tergantikan. Bahkan hingga saat ini masih banyak orang tua yang amat menyukai sup ayam. Sayangnya kita tertipu oleh gejolak kemajuan dan gelombang perkembangan. Modifikasi tentang sup sudah membunuh sup itu sendiri. Terlepas dari itu, manfaat sup ayam ini sangat banyak sekali.

Sumber Protein yang Jelas dan Pasti

Sup ayam memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini dibawa oleh ayam yang ada di dalam sup. Tentu kandungan protein ayam sangat besar apalagi jika sup ayam memiliki intensitas ayam yang banyak. Nah ketika fungsi ayam ini digantikan oleh MSG (rasa ayam) maka gelar sup ayam sebagai sumber protein akan batal.

Rasa ayam dan benar-benar ada kandungan ayam dalam sup akan membuat perbedaan yang begitu ketara. Kalau memang kita mengerti, sup ayam harus punya ayam di dalamnya karena manfaat dari sup hanya bisa terasa lengkap dengan adanya ayam. Ayam juga bisa digantikan dengan ceker ataupun kulit ayam untuk menggantikan daging secara keseluruhan.

Mengandung Vitamin C hingga Vitamin A

Sup ayam mengandung vitamin A berkat adanya wortel pada sup. Hadirnya wortel memberikan rasa yang manis tapi tidak terlalu kuat. Tentu saja wortel merupakan salah satu kondimen yang wajib ada di dalam sup. Bahkan kita cenderung lebih yakin mengatakan “sup ayam harus ada wortelnya” dibandingkan “sup ayam harus ada ayamnya”. 

Kandungan wortel yang kaya akan vitamin A, menjaga mata kita agar tetap sehat. Selain itu tomat juga merupakan sumber vitamin C yang dapat menjadi suplai vitamin C harian pada tubuh kita. Pasti kita mengerti bahwa vitamin selalu dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kata lain sup ayam juga dapat menjadi sumber vitamin bagi tubuh kita.

Kaya Akan Serat

Salah satu kelebihan dari sup ayam adalah kaya akan serat. Serat akan membantu pencernaan kita untuk menjaga agar pencernaan berjalan lebih baik. Tentunya itu semua didapatkan dari kubis dan brokoli pada sup ayam. Sayuran-sayuran sehat yang bisa ditambahkan pada sup ayam seperti sawi ataupun bayam juga mengandung serat yang tinggi.

Selain serat, sayuran ini juga mengandung zat besi. Zat besi punya manfaat untuk produksi eritrosit dalam tubuh. Jadi kita tidak perlu khawatir kekurangan darah merah. Bagi Anda yang memiliki darah rendah supaya juga bagus untuk menjaga jumlah eritrosit yang ada dalam tubuh Anda. Walaupun sederhana, manfaat sup ayam begitu banyak dan berguna bagi kita.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (78)
Comments

nyaman makan sup tiap hari :D

Ahmad Suriansyah

6 December, 2021 at 09:55 AM

nyaman lagi pas dingin wkkk

Mahyuddin Noor

6 December, 2021 at 09:56 AM

Leave a Reply
Register to Comment
Related Post