Search

Rekomendasi Bahan Pengganti MSG Alami

post-title

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan yang gurih? Tentunya siapa saja menyukainya. Saking sukanya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan rasa gurih yakni dengan menambahkan MSG. Nah, di bawah ini akan dibahas beberapa bahan pengganti MSG alami yang bisa Anda coba. 

  1. Gula dan Garam

Bahan untuk mengganti MSG yang pertama adalah gula dan garam. Kedua bahan ini bahkan sangat ampuh untuk menjadikan masakan Anda lebih gurih. Jika tidak percaya, coba deh Anda tambahkan sedikit gula pada masakan dan kemudian campurkan dengan garam dengan takaran 1:2.

Dijamin masakan yang awalnya hambar akan lebih enak dan gurih. Namun, di sini Anda harus memastikan takaran yang benar agar rasa yang dihasilkan juga pas dan sesuai dengan selera. 

  1. Keju

Bahan pengganti lainnya yang bisa Anda gunakan adalah keju. Keju dipercaya memiliki rasa yang gurih dan cenderung asin. Aromanya juga sangat khas yang membuat masakan Anda akan lebih enak saat ditambahkannya. 

Jika Anda tidak percaya, coba deh masak sup dan kemudian taburi keju di atasnya. Anda bisa menggunakan keju cheddar ataupun mozarella. Dijamin deh rasanya bakal jadi lebih enak. Bahkan, saat ini sudah banyak makanan yang menambahkan keju di dalamnya dan itu terbukti enak banget. 

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bisa dikatakan jika hampir semua makanan yang ada di Indonesia dimasak dengan menggunakan kedua jenis bumbu ini. ya, bawang merah biasanya akan lebih banyak digunakan pada saat memasak dibandingkan dengan bawang putih. 

Dengan menumis kedua bahan ini sebentar saja sebelum dicampurkan dengan masakan ternyata bisa membuat masakan lebih gurih lho. Hal inilah yang menjadikan bahan ini sebagai pengganti MSG yang alami. 

  1. Jamur

Untuk Anda yang suka dengan makanan gurih apalagi seorang vegan, maka Anda bisa mendapatkan makanan yang gurih dan menyehatkan dari jamur. Jamur memiliki rasa yang mirip dengan ayam. Tidak hanya itu saja, jamur jika diolah dengan benar, ternyata ia juga bisa dijadikan sebagai bahan pengganti MSG lho. 

Bagaimana caranya? Ternyata caranya sangat mudah dimana Anda hanya perlu menghaluskan jamur shitake saja. kemudian campurkan dengan 1 buah wortel, 2 siung bawang putih, seledri, daun bawang secukupnya serta 2 sendok makan garam. 

Untuk cara membuatnya bisa dilakukan dengan dua pilihan, yakni dengan memasaknya menggunakan api kecil. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan di oven hingga semua bahan tersebut kering dan kemudian haluskan. 

  1. Kaldu

Untuk menambahkan rasa gurih, Anda juga bisa menggunakan kaldu sebagai pengganti MSG. Ini menjadi solusi yang sehat dan enak untuk Anda yang ingin memasak. Bahkan, kaldu ini juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudahnya. 

Nah, dalam membuat kaldu, Anda bisa memanfaatkan daging atau tulang ayam dan sapi. Supaya kaldu ini lebih enak dan terasa, Anda bisa merebus daging atau tulang ini selama 3 jam dengan menggunakan api yang kecil. 

Coba juga tambahkan daun seledri agar rasanya menjadi lebih gurih. Nah, kaldu ini nantinya bisa Anda tambahkan pada setiap masakan agar rasa gurih lebih muncul.

Bagaimana? Bukankah bahan pengganti MSG alami itu ada banyak dan bahkan tidak ribet. Kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk meninggalkan MSG. Sebab, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk teta menghasilkan makanan yang gurih. 

Hal ini juga bisa dijadikan sebagai sebuah langkah awal untuk mengurangi MSG pada masakan. Mengingat MSG bukanlah bahan yang baik dikonsumsi terus menerus dalam jumlah yang banyak dan jangka yang panjang. 

 

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (72)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post