Search

Sebelum Sewa Ruko, Wajib Perhatikan Hal Ini

post-title

Ruko menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dan memiliki tempat tinggal namun anggaran terbatas. Ruko biasanya terdiri dari dua atau tiga lantai, lantai pertama bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis dan lantai di atasnya bisa dijadikan tempat tinggal. Namun, sebelum sewa ruko ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pilih Tempat yang Mudah Dijangkau

Jika Anda berminat untuk menyewa sebuah ruko, sebaiknya pilihlah tempat yang mudah dijangkau oleh para konsumen. Pemilihan tempat yang mudah tentunya akan membuat konsumen tertarik karena mudah diakses. 

Lokasi yang mudah dijangkau juga akan memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan promosi. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan jalan, mudah diakses, dan berada di lingkungan yang ramai.

Sebelum Anda memilih lokasi, Anda juga harus menentukan dahulu target konsumen yang ini Anda bidik. Contohnya, Anda bisa membuka usaha di daerah dekat kantor atau perkantoran jika Anda ingin membuka jasa fotocopy. 

Legalitas

Setelah Anda menemukan lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah Anda mencari tahu apakah tempat tersebut legal atau ilegal. Mintalah dokumen bukti legalitas kepada pemilik ruko sebelum Anda menyewa ruko. 

Pastikan ruko yang Anda sewa memiliki izin mendirikan bangunan dan boleh dipergunakan untuk mendirikan usaha. Jangan sampai setelah Anda menyewa ruko ternyata bangunan itu ilegal, justru hal itu akan membuat Anda rugi. 

Jika Anda susah mendapatkan kepastian legalitas ruko yang Anda sewa, pastikan Anda dan pemilik ruko saling memegang surat perjanjian penyewaan ruko. Fungsi surat perjanjian adalah agar kedua belah pihak tidak saling berselisih dan merugikan selama masa sewa berlangsung. 

Kondisi Ruko

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika kebetulan Anda sewa ruko dengan kondisi baru, di antaranya adalah kondisi interior dan eksterior masih bagus. Namun, jika Anda menyewa ruko yang tidak dalam kondisi baru maka Anda perlu memeriksa dengan jeli kondisi ruko tersebut.

Bangunan ruko yang harus Anda cek sebelum menyewa adalah atap bangunan, lantai kamar mandi, saluran pembuangan air limbah, jendela, pintu dan kondisi dinding. Jangan sampai Anda menyewa malah justru melakukan perbaikan bangunan. 

Memperbaiki bangunan tentunya akan menghambat usaha Anda yang seharusnya sudah bisa mulai berjalan. Maka dari itu Anda harus melakukan pemeriksaan yang teliti agar tidak merugikan Anda. 

Fasilitas yang Tersedia

Anda harus mengetahui fasilitas yang tersedia saat menyewa ruko karena akan dijadikan tempat usaha tentu saja fasilitas yang tersedia harus menunjang usaha Anda. Sebelum Anda menyewa ruko buatlah list fasilitas apa saja yang Anda butuhkan. 

Fasilitas yang Anda butuhkan bisa berupa lahan parkir yang luas dan listrik dengan daya yang tinggi. Pertimbangan fasilitas yang Anda sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan dan yang mendukung kegiatan sehari-hari Anda bersama keluarga.

Keamanan dan Kenyamanan

Keamanan dan kenyamanan juga salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Sebelum Anda menyewa ruko, pastikan tempat itu aman dari tindak kejahatan dan juga tidak rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor. 

Durasi Penyewaan

Pemilik ruko biasanya akan menentukan berapa lama bangunan itu boleh disewa. Umumnya, ada yang menawarkan penyewaan per bulan dan per tahun dengan sistem pembayaran di muka. 

Jika Anda belum yakin dengan potensi ruko yang disewa ada baiknya Anda menyewa dengan waktu sebulan dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi kerugian finansial jika ternyata usaha Anda tidak berjalan dengan lancar. 

Harga Penyewaan

Harga adalah pertimbangan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Anda harus memilih ruko yang sesuai dengan budget yang Anda punya. Lakukan perbandingan harga beberapa ruko untuk mendapatkan harga yang terbaik. 

Itulah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum memilih sewa ruko. Informasi di atas semoga membantu Anda memutuskan dengan tepat untuk menyewa toko sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. 

Tags:
Profile Picture of Maulinda

About author
Teacher & Counselor
View all posts (23)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post