Search

Tarifnya Setara Pertamina, Ini Cara Membuka SPBU Mini Pertashop

post-title

Keuntungan yang ditawarkan oleh usaha penjualan bahan bakar minyak (BBM) memang begitu menggiurkan. Anda yang ingin memulai usaha baru, sangat direkomendasikan untuk memulai usaha di bidang ini. Jika tak cukup modal untuk mendirikan SPBU, Anda bisa pilih untuk buka Pertashop, SPBU Mini resmi Pertamina. Cara membuka SPBU Mini ini pun cukup mudah kok!

Cara Mudah Mengurus Perizinan Pendirian Pertashop 

Pertashop merupakan julukan bagi SPBU Mini yang secara resmi bekerja sama dengan Pertamina. Dikarenakan diatur langsung oleh Pertamina, harga BBM yang dijual pun juga sama dengan yang dijual di SPBU biasa. Pertamina sendiri menargetkan setiap desa di Indonesia setidaknya punya satu Pertashop. Jika Anda tertarik mendirikan Pertashop, berikut cara mengajukan izinnya ke Pertamina. 

Tahap Pengajuan 

Tahapan pertama yang harus Anda jalani adalah tahap pengajuan, agar diterima sebagai mitra untuk mendirikan Pertashop. Dalam pengajuan yang Anda layangkan ke Pertamina, Anda harus menyertakan data pribadi, detil lokasi Pertashop akan didirikan dan data koordinat. Jangan lupa juga untuk menyertakan dokumen badan usaha atau badan hukum. 

Tahap Verifikasi 

Nah, tahap kedua adalah tahap verifikasi. Pada tahapan ini, pihak Pertamina akan melakukan survei lapangan dan juga survei kelayakan. Melalui survei ini, pihak Pertamina akan mencocokkan data yang telah Anda ajukan, apakah sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu, pihak Pertamina juga akan memastikan apakah lokasi pendirian Pertashop nanti layak atau tidak.   

Tahap Administrasi 

Setelah dilakukan verifikasi, maka Ada sebagai calon mitra harus menjalani tahapan administrasi. Pada tahapan ini, Anda harus mengurus administrasi perizinan ke Pemerintah Daerah atau Pemda. Proses akuisisi lahan juga dilakukan pada tahapan administrasi ini. Jangan sampai kemitraan Anda ditolak Pertamina, karena tak memperoleh izin dari pemerintah. 

Tahap Rancang Bangun 

Cara membuka SPBU Mini Pertashop selanjutnya adalah melalui tahap rancang bangun. Setelah izin pendirian Pertashop dikantongi, maka Anda sudah bisa mendirikan Pertashop di lahan yang disediakan, sesuai dengan desain yang diajukan. Mengingat SPBU Mini ini berukuran lebih kecil dibandingkan SPBU biasa, maka tak akan memakan waktu lama untuk mendirikannya. 

Tahap Finalisasi 

Tahapan terakhir adalah tahapan finalisasi. Pada tahapan ini, Anda akan menandatangani kontrak dengan Pertamina, sebagai mitranya yang mengelola Pertashop. Lamanya kontrak kemitraan yang nantinya akan disahkan berkisar mulai dari 10 hingga 20 tahun. Setelah kontrak disahkan, Anda sudah bisa langsung mengoperasikan Pertashop tersebut. 

Ragam Konsep Pertashop yang Ditawarkan oleh Pertamina 

Pertamina menawarkan tiga konsep Pertashop bagi para mitra yang ingin bekerja sama. Tiap konsep dibedakan berdasarkan luas lahan yang tersedia, serta jarak dari SPBU ke lokasi Pertashop akan didirikan. Konsep Pertashop yang ditawarkan tersebut adalah Pertashop Gold, Pertashop Platinum, dan Pertashop Diamond. 

Pertashop kategori Gold akan mendapatkan BBM dengan kapasitas 3000 liter per harinya, dengan lahan sekitar 144 meter persegi. Luas lahan untuk Pertashop Platinum adalah sekitar 200 meter persegi, dengan kapasitas yang sama yakni 3000 liter BBM per hari. Terakhir, Pertashop Diamond harus didirikan di lahan 500 meter persegi dan juga mendapatkan BBM sebanyak 3000 liter per hari. 

Bagi Anda yang ingin mendirikan usaha di bidang SPBU namun terkendala biaya, jangan khawatir! Sekarang, Anda bisa mendirikan SPBU Mini Pertashop yang hanya membutuhkan modal minim, mulai dari 100 juta saja. Cara membuka SPBU Mini Pertashop ini pun juga terbilang mudah, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. 

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (68)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post