Search

5 Wisata Kuliner Cirebon yang Wajib Dicoba

post-title

Jawa Barat memiliki banyak daerah dengan keunggulannya masing-masing, seperti Cirebon. Kota ini memiliki banyak sekali keragaman budaya dan berbagai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Termasuk, jangan sampai lupa untuk mengunjungi wisata kuliner Cirebon. Pilihannya ada banyak sekali yang merupakan makanan khas kota ini.

Tempat Wisata Kuliner di Cirebon Terbaik

Jalan-jalan tidak cukup hanya dengan mengunjungi tempat wisata alam, atau budaya saja. Wisata kuliner Cirebon tentu wajib untuk kunjungi, selain untuk mengisi perut, Anda juga bisa sekaligus mencoba jajanan khas yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di kota lain. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi.

1. Nasi Jamblang Bu Nur

Foto : Ibenimages.com

Salah tempat wisata kuliner yang hampir tidak pernah sepi adalah nasi jamblang Bu Nur. Hal yang menarik dari nasi jamblang adalah memiliki aroma yang wangi. Selain itu, Anda juga akan diberikan berbagai macam pilihan lauk, mulai dari sate kentang, otak sapi goreng, perkedel, cumi hitam, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk bisa mengunjungi tempat ini, Anda bisa langsung saja menuju ke Jalan Cangkring 2. Jika, dari Stasiun Kereta Kejaksaan, mungkin waktu yang dibutuhkan hanya 10 menit saja. Dari segi tempat, nasi jamblang Bu Nur memiliki keunggulan kapasitas yang besar dan bersih, sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman dan bisa menikmatinya.

2. Mie Colot

Foto : Kumparan.com

Kedua, setelah makanan berat, mungkin Anda bisa juga untuk mencoba mie colot. Namanya yang unik membuat banyak orang penasaran dan ingin mencobanya. Tempat ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung. Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa pergi ke jalan Pekalangan pada pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Saat Anda membeli mie colot, Anda akan ditawarkan berbagai macam toping spesial. Pilihan toping tersebut di antaranya adalah otak-otak tahu, pangsit yang garing, siomay, tahu, dan bakso tengiri. Jadi, selain dari rasa mie colot yang sangat bercita rasa, dengan ditambahkan toping-toping tersebut tentu akan sangat menambah kenikmatan salah satu kuliner khas Cirebon ini.

3. Nasi Lengko

Foto : ResepIstimewa.com

Khusus untuk yang satu ini, Anda tidak bisa mendapatkannya saat pagi atau siang hari, karena Nasi Lengko hanya tersedia saat pukul 17.00 – 22.30 WIB, jadi sangat cocok sekali untuk rekomendasi makan malam. Untuk bisa mencicipinya, nasi lengko berada di jalan Tentara Pelajar no. 18 Pekalongan, Pekalipan. 

Nasi lengko merupakan nasi dengan tambahan bumbu kacang yang memiliki beberapa pilihan tingkat kepedasan. Selain itu, untuk melengkapi, Anda akan diberikan berbagai macam pilihan lauk, seperti tempe goreng, kucai, tahu goreng, dan tauge. Makanan ini terkenal dengan tinggi protein dan kaya akan serat.

4. Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Foto : Foursquare

Selanjutnya, mungkin Anda juga bisa mencoba kelezatan dari Bubur Sop Ayam Mang Kapi. Kuliner ini juga cocok sebagai menu makan malam, karena hanya buka pukul 17.00 – 24.00 WIB. Juga cocok sekali untuk mencari kehangatan di tengah dinginnya angin malam Cirebon. Anda akan diberikan sajian bubur kental dengan sayuran dan sop ayam.

5. Es Durian

Kuliner yang terakhir dan memang cocok sekali sebagai makanan penutup yaitu es durian. Bagi para pecinta durian, tentu wajib untuk mencoba kelezatannya. Anda bisa mengunjunginya pada saat malam, dari jam 17.00-22.00 WIB. Es durian ini dipilih dari durian terbaik Cirebon dan ditambahkan dengan toping kelapa muda yang juga sangat manis dan lembut.

Itulah 5 rekomendasi wisata kuliner Cirebon yang bisa Anda coba. Masih banyak beberapa kuliner khas lain yang juga bisa Anda kunjungi, misalnya seperti Empal Gentong Krucuk yang juga tidak kalah nikmat dengan yang telah disebutkan di atas.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (81)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post