Search

7 Tips Perawatan Rambut Berwarna agar Sehat dan Berkilau

post-title

Mewarnai rambut bisa memberikan pengalaman baru dalam mengekspresikan diri dan mempercantik penampilan seseorang menjadi lebih bold, atau lebih calm dengan menyesuaikan skin tone-nya. Meski menyenangkan, mewarnai rambut juga butuh perawatan khusus agar rambut sehat. Biar gak salah perawatan rambut berwarna, yuks simak tips berikut;

1. Ke Salon Secara Berkala 

Rambut berwarna membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan rambut normal pada umumnya, sebab campuran bahan kimia mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih shampo dan conditioner yang cocok untuk jenis rambut dan kulit kepala Anda. 

Karena apabila tidak menggunakan produk-produk yang sesuai, ditakutkan malah akan merusak rambut seperti rambut bercabang, kering, rontok, hingga ketombean. Selain menggunakan produk-produk tertentu, Anda juga harus rajin ke salon untuk memberikan perawatan menyeluruh secara berkala. 

Minimal Anda harus ke salon setiap 6 bulan sekali untuk melakukan pewarnaan ulang agar warna rambut Anda tetap sehat dan tahan lama. Perawatan secara berkala juga akan membuat rambut Anda berkilau secara alami. 

2. Gunakan Produk Perlindungan Matahari 

Tidak hanya kulit dan wajah saja yang membutuhkan perlindungan dari sinar matahari, ternyata rambut juga. Hal ini bertujuan agar warna rambut Anda awet dan berkilau alami.  Jangan lupa untuk memilih perlindungan kepala alias heat protection yang berbahan dasar air karena lebih cepat kering dan meresap di kulit kepala hingga helai-helai rambut. 

3. Gunakan Kondisioner 

Rambut yang diwarnai terlebih harus melewati proses bleaching, maka akan menimbulkan efek rambut kering, pecah-pecah, kasar  dan terlihat kusam. Karenanya perlu diberikan nutrisi rambut berupa kondisioner yang bertujuan untuk melembabkan rambut. 

Gunakan produk kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala Anda. Usapkan kondisioner ke rambut usai keramas menggunakan shampo. Untuk hasil maksimal, bilas dengan air  hangat lalu bungkus dengan handuk selama 30 menit.

Hal ini dilakukan agar manfaat kondisioner bisa terserap secara alami. Selanjutnya bilas rambut  hingga bersih dan rambut pun akan tampak berkilau alami dan lembut.

4. Gunakan Pelembab rambut 

Apabila kondisioner mampu menutrisi rambut dari dalam hingga ke akarnya, maka perawatan selanjutnya ialah pelembab rambut untuk perawatan rambut berwarna dari luar sehingga  mampu mengawetkan warna rambut dan meratakan warna rambut dari akar hingga ujung rambut. 

5. Bilas Rambut dengan Benar

Air kolam dan air laut memicu rambut cepat kering dan rusak karena kandungan kaporit dan garam di dalamnya. Sehingga pastikan Anda mencuci rambut dengan bersih dan air mengalir agar tidak ada bekas garam dan kaporit yang menempel di rambut sehingga membuat warna rambut mudah pudar dan rusak. 

6. Jangan Berganti Warna Terlalu Sering

Semakin sering Anda berganti-ganti warna rambut maka semakin besar risiko rambut Anda  rusak karena bahan-bahan kimia yang masuk dan menghilangkan pigmen rambut sehingga menyebabkan rambut tidak sehat. 

Karenanya, cat rambut secara berkala dengan warna yang sama untuk menjaga kesehatan rambut, apabila ingin mengecat rambut dengan warna berbeda, istirahatkan rambut sejenak dengan memanjangkan rambut hingga beberapa cm agar akar rambut lebih kuat. 

7. Hindari Pemakaian Hair Dryer dan Catokan

Hair Dryer adalah alat pengering rambut yang menggunakan suhu panas yang tinggi agar rambut cepat kering. Menggunakan hair dryer terlalu sering bisa menyebabkan rambut rusak dan rapuh. Tips perawatan rambut berwarna berikutnya ialah biasakan untuk mengeringkan rambut secara alami atau menggunakan kipas angin agar rambut bisa lebih berpori. Selain hairdryer, penggunaan catokan rambut juga bisa menyebabkan rambut kering dan warna mudah luntur atau tidak tahan lama. 

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (78)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post