Search

Begini Cara Naik Bus di Singapura dengan Mudah

post-title

Singapura merupakan salah satu tempat yang yang paling sering dituju oleh orang Indonesia. Di sana tentu kita tidak akan memiliki kendaraan pribadi. Lantas menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang wajib, namun apakah kita semua mengetahui cara naik bus di Singapura? Sayangnya masih banyak sekali dari kita yang masih awam akan hal tersebut.

Ada Beberapa Pilihan Transportasi

Sebenarnya di Singapura ada beberapa pilihan transportasi umum yang dapat kita nikmati. Transportasi umum yang pertama adalah taxi. Dengan taxi kita bisa menjangkau semuanya dengan mudah namun terkadang kita takut akan harga Argo yang mahal apalagi di luar negeri. Hal itu wajar karena taxi memang memiliki harga diatas bus dan MRT.

Pilihan kedua adalah MRT ini merupakan salah satu pilihan terbanyak dalam transportasi umum. MRT di Singapura sudah menjadi angkutan yang pokok untuk masyarakat di sana dan para turis. Namun ada beberapa hal seperti MRT biasanya hanya digunakan untuk tujuan yang jaraknya agak jauh. Ketika kita punya tujuan yang dekat tidak mungkin kita menggunakan MRT.

Pilihan ketiga adalah bus. Dengan menggunakan bus kota kita dapat menyusuri Singapura. Memang sangat mudah menjelajah ke Singapura dengan bus. Pada umumnya bus di Singapura memiliki air conditioner yang dingin. Hal tersebut tentu menjadi salah satu faktor kenyamanan untuk para pelanggan bus.

Keliling Singapura dengan Bus

Hal pertama yang perlu kita dapatkan adalah EZ-link card. Kartu tersebut akan kita gunakan untuk membayar ketika kita naik bus di Singapura. Ada beberapa paket pembayaran yang bisa kita pilih. Paket pertama merupakan paket turis, paket kedua adalah paket reguler. Tentu kartu ini punya promo-promo menarik yang bisa kita nikmati.

Cara naik bus di Singapura yang pertama adalah kita perlu melihat ke mana tujuan kita atau tempat tujuan kita selama bepergian dalam sehari. Hal tersebut berguna untuk menentukan direksi dari perjalanan yang akan kita tempuh agar bisa satu arah. Tentu saja hal tersebut akan sangat berefek kepada ada waktu, namun bisa menghemat uang yang kita keluarkan. 

Nah setelah kita tahu tempat tujuan kita kita akan melihat rute bus yang paling dekat dengan itu. Terkadang ada beberapa jalan yang tidak dilewati oleh bus. Tapi itu tidak masalah karena biasanya di dekat sana ada ada rute bus yang bisa kita naiki. Kita perlu diamati dengan benar rute yang kita pilih jangan sampai kita tersesat di Singapura.

Salah satu kunci agar kita tidak tersesat adalah jangan malu bertanya. Kita perlu membuka diri agar tidak tersesat saat kita merasa kebingungan dalam memilih rute. Selain itu kita juga perlu memperhatikan jadwal keberangkatan bus. Ketika kita sudah ketinggalan bos kita harus menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan yang lain.

Walaupun kita masih bisa menggunakan taxi, tetap saja itu akan merusak rencana kita secara finansial yang tidak terduga. Harga taxi yang memang tidak tertebak membuat bus bisa menjadi alternatif yang paling bagus di negara tersebut. Harga paket unlimited ride untuk bus sangatlah murah. Per harinya kita hanya akan membayar sebesar 10 dolar Singapura.

Mengingat itu merupakan perjalanan yang tak terbatas, hal tersebut akan sangat membantu kita apalagi jika kita memiliki dana yang tidak terlalu banyak. Cara naik bus di Singapura tidaklah sulit selama kita mau membuka diri untuk bertanya. Persiapkan EZ-link card, sebelum kita memilih untuk naik bus di Singapura karena itu akan jauh menghemat biaya.

Tags:
Profile Picture of Mahyuddin Noor

About author
Blogger. Startup Enthusiast. Visit my portofolio > www.mahyu.my.id
View all posts (81)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post