Search

Weitkawa Menjadi Wisata Kerbau Rawa Terbaru di Kalimantan Selatan

post-title

Kalimantan Selatan dikenal dengan pulau banyak rawanya, di mana rawa bisa kita temui hampir di setiap wilayah yang ada di Kalimantan Selatan. Jika Anda ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan, dan ingin menikmati wisata rawa, ada salah satu tempat yang bisa menjadi rekomendasi buat Anda kunjungi, yakni Weitkawa Desa Paharangan, wisata kerbau rawa yang sangat friendly menurut saya pribadi.

Weitkawa terletak di desa Paharangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 

Apa aitu Weitkawa?

Weitkawa terletak di desa Paharangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, baru-baru ini menjadi wisata rawa yang sangat menarik perhatian banyak masyarakat lokal maupun luar kota. ‘’Asal usul dinamakan Weitkawa dikarenakan ada dua musim di mana musim air dan musim tanam, saat musim tanam di sana disajikan padi yangg mana padi itu dibentuk menjadi tulisan" dan saat musim air menyajikan kalang hadangan (kerbau) yang mana tempat tadi menjadi stasionernya. makanya dinamakan WEITKaWa (Wisata Edukasi Padi tulis dan kerbau rawa) edukasi nya itu pengunjung dapat ikut berpartisipasi dalam menanam padi dan bertanya kisaran tentang kerbau rawa. Wetikawa dibangun bersama secara gotong royong oleh masyarakat desa Paharangan. Diharapkan bisa menjadi wisata rawa favorit para pengunjung, serta dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar, ’’tutor Muhammad Irwan, salah satu pengelola Weitkawa. 

-----

TONTON VIDEO 

-----

 

Paket Wisata Weitkawa

Wetikawa menawarkan beberapa paket wisata rawa untuk Anda dan keluarga tercinta, selain wahana sepeda itik terapung, tentunya paket utama wisata berkunjung ke kendang kerbau menjadi wahana favorite para pengunjung.

Ada 3 pilihan paket wisata kerbau rawa yang ditawarkan. Jika Anda ingin menyusuri rawa lebih lama dan ke Kalang Hadangan,Anda disarankan untuk datang di pagi hari, karena paket ini memerlukan waktu yang cukup lama untukmenyusuri rawa yang pastinya akan membuat Anda merasakan vibes alam rawa yang begitu tenang dan membuat nyaman.

Paket yang menjadi favorite para pengunjung adalah paket ke Kalang Hadangan di sore hari, bisa dengan perahu ces atau menggunakan perahu besar atau longboat. Harganya pun sangatlah terjangkau dibandingkan wisata untuk susur rawa yang menyenangkan ini. Untukpaket menggunakan perahu kecil/ces, Anda cukup membayar dengan biaya Rp 80.000 yang bisa dimuati sekita 3-4 orang. Jika Anda datang dengan keluarga besar,bisa memilih paket longboat dengan biaya Rp 150.000.

Sambil menunggu sore hari saat yang tepat untuk menuju ke Kalang Hadangan, Anda bisa menyusuri Kawasan Weitkawa foto-foto di beberapa spot maupun naik perahu bebek yang disewakan hanya Rp 10.000 untuk 15 menit, sangatlah murah dan terjangkau.

Waktu yang tepat untuk bisa melihat Hadangan naik ke Kalang adalah sekitar pukul 16.30, dimana pada saat itu kerbau mau pulang dan naik ke Kalang usai mencari makan. Anda akan bisa melihat kerbau yang sedang berenang rapi berbaris menuju Kandang Halang. Dan satu hal menurut saya yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain dimanapun, yakni Kerbau disini saatlah jinak sehingga Anda bisa dengan mudah dan tanpa khawatir bisa menunggangi serta mengambil video sambal berdiri di atasnya, menantang bukan?

Perjalanan ke Weitkawa

Ada2 alternatif jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi ini, jika Anda dari Banjarmasin/Banjarbaru, untuk menghemat waktu Anda bisa memilih jalur ke Nagara pada saat berada di Kandangan. Namun jika Anda berasal dari jalur Kota Tanjung, Anda bisa melewati jalan pasar Alabio, kemudian menuju arah Babirik. 

Kawasan Weitkawa juga menyediakan parkir mobil di Masjid At-Taqwa, memudahkan para pengunjung memarkirkan kendaraannya. Tiket masuk Weitkawa ini tergolong sangat murah, hanya bayar 3 ribu perak perorang untuk masuk Kawasan wisata Weitkawa. Di Kawasan weitkawa, selain bisa menikmati wahanan perahu bebek dan susur rawa ke Kalang Hadangan, Anda juga bisabersantai di beberapa warung warga atau bahkan bersantai di café ala-ala rawa yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Penasaran dengan wisata Weitkawa? Segera agendakan libur Anda ke Weitkawa, jika Anda membutuhkan tourguide dari kota Banjarmasin/Banjarbaru, or if you are foreigner who needs guiders to go to here, please text me on Whatsapp +6281528218324.

Untuk wisatawan lokal bisa kontak ke instagram : @weitkawa_desapaharangan


 

Tags:
Profile Picture of Mahyu Aspant

About author
Blogger. Startup Enthusiast.
View all posts (68)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post