Search

Berikut ini beberapa wisata yang menyuguhkan pemandangan indah Desa Sepakung.

post-title

Berkunjung ke Kota Semarang, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Desa Wisata Sepakung. Panorama alamnya yang indah, dengan beragam destinasi wisata menjadikan desa ini sebagai salah satu tujuan piknik favorit bagi masyarakat Jawa Tengah. Berikut ini beberapa wisata yang menyuguhkan pemandangan indah Desa Sepakung.

Destinasi wisata 

Salah satu tujuan wisata yang menyajikan pemandangan alam indah di desa wisata tersebut adalah Jembatan Ondo Langit yang berlokasi di Kepil, Sepakung, Banyubiru, Semarang. Rekreasi yang satu ini ditujukan untuk Anda yang menyukai tantangan dan olahraga ekstrem yang memacu adrenalin. 

Pasalnya, Jembatan Ondo Langit ini dibangun di atas bukit curam dengan ketinggian 25 meter dan panjang jembatan 25 meter. Berjalan melewati Jembatan Ondo Langit ini Anda akan melihat keindahan alam Rawa Pening, Gunung Ungaran hingga Gunung Merbabu yang akan menyejukan mata Anda. 

Sementara itu, pada bagian kanan dan kiri jembatan terbentang arca raksasa yang dipercaya oleh masyarakat sekitar merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Wisata ini sangat cocok untuk Anda yang merindukan suasana pedesaan dan pegunungan untuk menenangkan pikiran dan penat pekerjaan di kota besar. 

Bukit Cemoro Sewu

Seperti namanya, Bukit Cemoro Sewu dikenal karena banyaknya pohon cemara yang tumbuh rindang di kawasan Desa Wisata Sepakung. Saat sampai ke Bukit Cemoro Sewu, Anda akan dikelilingi oleh pemandangan menakjubkan. Misalnya, pada bagian selatan Anda akan melihat gagahnya Gunung Merbabu dari kejauhan. 

Sedangkan di bagian utara, Gunung Ungaran menyapa di balik awan secara samar-samar. Udara dingin, area persawahan, danau Rawa Pening seakan jadi paket lengkap melepas penat di akhir pekan bersama orang-orang terdekat. 

Apabila Anda mencari pengalaman wisata yang berbeda, Anda bisa berkunjung ke objek wisata ini saat matahari terbit dan terbenam. Meski begitu, untuk menikmati panorama indah ini, Anda harus mendaki bukit dengan kemiringan 45 derajat sejauh 200 meter dengan anak tangga. Namun, tak perlu khawatir, karena rasa lelah Anda akan terbayarkan saat melihat panorama yang disuguhkan. 

Air Terjun Goa Semar

Apabila Anda mencari wisata alam yang masih alami dan belum banyak terjamah tangan manusia, bisa mencoba untuk mengunjungi Air Terjun Goa Semar yang terletak di Dusun Srandil, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah, ini. 

Sesaat setelah sampai di pintu masuk, Anda akan disambut dengan jalan setapak yang dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dan lebat. Udara sejuk dan pemandangan yang asri akan menyegarkan pikiran. 

Sebelum sampai ke Air Terjun Goa Semar Anda harus menuruni anak  tangga dengan berpegangan pada tali panjang karena di samping kanan anak tangga tersebut adalah jurang. Sehingga Anda harus berhati-hati melewati jalanan tersebut. 

Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman agar tidak terperosok. Air Terjun Goa Semar ini masih alami dan kurang populer dibandingkan wisata lain di desa wisata tersebut. Namun meski belum ramai dikunjungi wisata air terjun ini sudah dilengkapi dengan petugas parkir dan loket tiket. Lalu, petugas-petugas lainya yang berjaga di sekitar lokasi. 

Petunjuk arahnya pun sudah jelas dan tak membingungkan. Meski medannya agak terjal namun, sudah tersedia anak tangga yang diperuntukan bagi wisatawan untuk bisa sampai ke air terjun. 

Sayangnya, karena fasilitas yang belum memadai menghambat para wisatawan untuk berkunjung ke goa sekitar air terjun. Padahal ada banyak goa yang tentunya menarik dikunjungi di sekitar kawasan itu. Diharapkan pemerintah bisa membantu akses jalan ke goa-goa di sekitarnya supaya Desa Wisata Sepakung semakin ramai dikunjungi.

 

 

------------

Sumber foto : Website Prov. Jawa Tengah

Tags:
Profile Picture of Ahmad Suriansyah

About author
Blogger - Asur85.com
View all posts (16)
Comments
Leave a Reply
Register to Comment
Related Post